KELAS LITERASI TERHADAP LITERACY SKILLS, COLABORATIVE SKILLS AND CREATIVE SKILLS PADA SISWA MI AL MABRUR TUBAN

Authors

  • Irfa’i Alfian Mubaidilla Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Misbahul Huda Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Firda Olyviani Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Iva Badiatus Sholihah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

DOI:

https://doi.org/10.36420/eft.v4i01.445

Keywords:

Kelas, Literasi, Kolaborasi, Kreatifitas

Abstract

Perkembangan teknlogi yang begitu pesat diharsukan untuk menguasai literasi karena dengan kemmapuan literasi yang tinggi dapat mendorong perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih tinggi. Kemampuan berliterasi menjadi salah satu bekal untuk menghandapi tantangan pada abad 21. Dalam kenyataannya masih banyak peserta didik yang memiliki minat baca yang rendah. MI Al Mabrur Sidomulyo Tambakboyo adalah sekolah yang baru merintis, sekolah tersebut memiliki SDM yang terbatas terutama untuk sumber daya guru yang berkompeten. Sebagai guru harus siap mengikuti regulasi-regulasi terkait kebijakan tentang pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif adalah suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang, pelaku yang dapat diamati dan fenomena-fenomena yang muncul, sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun mereka memiliki minat membaca, namun pemahaman bacaan mereka rendah sehingga mempengaruhi aktivitas belajar mereka. Selain itu, siswa cenderung bertanya sebelum membaca, padahal informasi yang diberikan sudah lengkap. Oleh karena itu, siswa menjadi kurang proaktif karena kurangnya wawasan, kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat, dan tidak mampu mengemukakan pendapat secara proaktif. oleh karena itu, perlu dilakukan penguatan minat membaca siswa, misalnya melalui pengembangan kampanye literasi di sekolah

References

Amri, Saeful, and Eliya Rochmah. “Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 13, no. 1 (2021): 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916.

Batubara, Hamdan Husein, and Dessy Noor Ariani. “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4, no. 1 (2018): 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965.

Mubaidilla, Irfa’i Alfian; Ziana Dhurrotul Ainiyah; Alfinatul Hidayah. “EFEKTIFITAS SISTEM PEMBELAJARAN CYBER BERBASIS APLIKASI GOOGLE MEET UNTUK MAHASISWA PGMI.” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 4, no. 2 (2022): 1–10.

Muttaqin, Muhammad Fauzan, and Hofipah Rizkiyah. “Efektifitas Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 2, no. 1 (2022): 43–54. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.342.

Nirmala, Sri Dewi. “Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 2 (2022): 393. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8851.

Puspita, Ari Metalin Ika. “Peran Budaya Literasi Pada Peningkatan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (2019): 105–13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.2032.

Sukma, Elfia, Tin Indrawati, and Ari Suriani. “Penggunaan Media Literasi Kelas Awal Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3, no. 2 (2020): 103. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107623.

Sunuyeko, Nurcholis, Dian Fitri Argarini, Firda Alfiana Patricia, Muhammad Ali Wafa, and Vivi Nur Lailahtus S. “Pemanfaatan Pojok Literasi Sekolah Dalam Gerakan Literasi Sekolah Dasar Negeri 3 Bandungrejo.” ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi 1, no. 2 (2022): 160–64. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.274.

Syah, Ezik Firman, and Oktian Fajar Nugroho. “Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar.” ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (E-ISSN: 2809-3917) 2, no. 2 (2022): 127–35. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i2.4304.

Tarmidzi, Tarmidzi, and Widia Astuti. “Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar.” Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2020): 40. https://doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3361.

Utami Dian Pertiwi, Umni Yatti Rusyda Firdausi. “UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS.” Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE) 2, no. 1 (2019): 120.

Yunianika, Ika Tri, and . Suratinah. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (2019): 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Mubaidilla, I. A., Huda, M. ., Olyviani , F. ., & Sholihah , I. B. . (2024). KELAS LITERASI TERHADAP LITERACY SKILLS, COLABORATIVE SKILLS AND CREATIVE SKILLS PADA SISWA MI AL MABRUR TUBAN. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 4(01), 1–8. https://doi.org/10.36420/eft.v4i01.445

Issue

Section

Articles