INTERNALISASI PELAJARAN DALAM KEHIDUPAN: ANALISIS EMPERIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TINGKAT DASAR

Authors

  • Miftakhul Rizal M Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur

DOI:

https://doi.org/10.36420/eft.v3i01.225

Keywords:

Penerapan SKI, SKI SD MI, Aktifitas Siswa

Abstract

Mata pelajaran SKI merupakan mata pelajaran yang mengajarkan siswa tentang budaya Islam. Dalam budaya tentunya terdapat aktifitas yang dapat diterapkan oleh siswa di kehidupan sehari-harinya. Penerapan tersebut juga sebagai bentuk pelestarian budaya Islam pada zaman sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan mata pelajaran SKI berupa aktifitas-aktifitas yang dapat dilakukan oleh siswa tingkat SD/MI di kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengmpulan datanya berbentuk analisa teks buku pelajaran sejarah kebudayaan islam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat daftar kegiatan siswa kelas 3, 4, 5 dan 6 yang disesuaikan dengan materi pada buku SKI kelas 3, 4, 5 dan 6. Oleh karena itu, aktifitas tersebut sangat penting dilakukan oleh siswa terlebih sebagai bentuk hasil terapan dari mata pelajaran SKI tingkat sekolah dasar

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. Si., Nur Hikmatul Auliya, Grad. Cert. B., Helmina Andriani, M. Si., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi, Ed.; Nomor March). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup.

Mubaidilla, M. R. (2013). Developing Learning Sciences Video to Improve Effectiveness of Learning Toward 5th Grade Students in MIN Rejoso Jombang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 1–159. http://etheses.uin-malang.ac.id/7325/

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya (A. L, Ed.). Jakarta: PT. Grasido. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Rizal, M. (2020). Sistem Pembelajaran Berbasis Weblog Pada Mahasiswa MPI STAI SAngatta Kutai Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 70–79. https://doi.org/https://doi.org/10.55352/mudir.v2i1.107

Rizal, M. (2021). Pemanfaatan Media Poster Tempel untuk Komunikasi Visual di Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 37. https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/al-rabwah/article/view/76

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

TIM PEKERTI-AA PPSP LPP. (2007). Panduan Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran, Lembaga Pengembangan Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Miftakhul Rizal M. (2023). INTERNALISASI PELAJARAN DALAM KEHIDUPAN: ANALISIS EMPERIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TINGKAT DASAR. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(01), 54–61. https://doi.org/10.36420/eft.v3i01.225

Issue

Section

Articles