DA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa
<p><strong>DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam</strong> has been published by Study Program of Islamic Guidance and Counseling, Dakwah Department of Islamic Institute of Miftahul Ulum Pamekasan. DA’WA journal is published twice every year in <strong>February</strong> and <strong>September</strong>. The contents are research manuscript and concept/theoretical papers on <strong>Islamic guidance and counseling: </strong>psychotherapy, sufistic therapy, individual and group counseling, community counseling, family counseling, parenting counseling contemporary issues in Islamic guindance and counseling, indigineous counseling, and multiculture counseling.</p>en-US[email protected] (Moh. Ziyadul Haq Annajih)[email protected] (Bahrur Rosi )Mon, 12 Feb 2024 00:00:00 +0000OJS 3.3.0.8http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Mereduksi Kecemasan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/413
<p>Datangnya perasaan cemas pada mahasiswa semester akhir bisa berimbas pada gangguan psikologis seperti stres, sulit tidur atau insomnia, sering merasa cemas, frustasi, gampang marah, kehilangan motivasi, dan menunda menyelesaikan tugas akhir. Mereka cemas akan menganggur setelah lulus studi di perguruan tinggi. Walaupun sesungguhnya hal ini belum tentu terjadi, tapi tentunya hal tersebut membahayakan kesejahteraan individu pada mahasiswa semester akhir di masa yang akan dating. Penelitian mengenai penerapan bimingan kelompok dengan teknik diskusi untuk mengatasi kecemasan karir mahasiswa semester akhir ini menggunakan penelitian tindakan dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menekankan pada kegiatan (tindakan) dengan menguji cobakan suatu ide ke dalam suatu praktek atau situasi nyata. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat digunakan untuk mengatasi kecemasan karir mahasiswa semester akhir di Institut Attanwir Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat melalui perubahan yang terjadi pada anggota kelompok dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga seiring dengan treatment yang dilakukan saat sesi bimbingan kelompok. Dalam pelaksanaan tindakan untuk mengatasi kecemasan karir akan lebih optimal lagi apa bila mahasiswa menanamkan sifat optimisme, berfikir positif, mengetahui potensi yang dimiliki entah itu dari keluarganya maupun dari dirinya sendiri dan didukung oleh teman sebaya, serta orang tua berperan aktif dan efektif dalam mengatasi kecemasan yang dialami mahasiswa tingkat akhir.</p>Muhammad Faizin
Copyright (c) 2024 Muhammad Faizin
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/413Sat, 24 Feb 2024 00:00:00 +0000Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Kelas 11 IPS di SMA Sunan Kalijogo Jabung
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/435
<p>Peran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah adalah untuk memberikan bantuan pada siswa dalam menemukan konsep diri, memfasilitasi siswa menyesuaikan diri terhadap hambatan yang mereka terima, melakukan bimbingan dan konseling kepada siswa, membantu dalam proses perkembangan siswa dalam hal minat, bakat, hobi, dan ketrampilan social. Guru BK melaksanakan tugas dan perannya sesuai dengan kewajiban yang diberikan, salah satunya mengatasi permasalahan sosial. Perilaku <em>bullying</em> yang terjadi di kelas 11 IPS di SMA Sunan Kalijogo Jabung, merupakan masalah yang harus diatasi, karena <em>bullying </em>verbal maupun non verbal yang telah terjadi pada siswa. Dengan tujuan untuk mengetahui program BK yang dijalankan, mengetahui berjalannya bimbingan dan konseling pada siswa yang terkena masalah <em>bullying </em>dan dampak yang ditimbulkan dari <em>bullying</em>. Jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis deskriptif, data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa guru bimbingan dan konseling dapat menjalankan kinerja sesuai dengan layanan dan program yang sudah ditetapkan lembaga sekolah dan panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling dengan menerapkan program yang bertujuan untuk membantu perkembangan siswa. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku <em>bullying </em>di kelas 11 IPS SMA Sunan Kalijogo termasuk pada dampak seperti tidak masuk sekolah, siswa menjadi pendiam, siswa mengalami luka fisik, dan keluar dari sekolah.</p>Fayrus Abadi Slamet, Rif’atul Fadlillah
Copyright (c) 2024 Fayrus Abadi Slamet, Rif’atul Fadlillah
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/435Sat, 24 Feb 2024 00:00:00 +0000Peranan Baanar dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Santri
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/436
<p>Penelitian ini fokus pada peranan Badan Ansor Anti Narkoba atau yang disingkat BAANAR Kabupaten Pamekasan dalam mencegah penyalahgunaan narkoba dikalangan santri, sebagaimana studi kasus yang ada di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Palengaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi langsung ke Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa melalui program Goes to Pesantren, BAANAR berupaya mencegah penyalahgunaan narkoba dikangan santri, sehingga generasi penerus perjuangan ulama yang dinanti-nantikan kontribusi pengabdiannya untuk agama, nusa dan bangsa memiliki kesehatan jasmani dan rohani, serta terhindar dari tindakan-tindakan yang dapat memberikan efek negatif dalam kehidupan bermasyarakat.</p>Miftahul Munir, Moh Abror
Copyright (c) 2024 Miftahul Munir, Moh Abror
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/436Sat, 24 Feb 2024 00:00:00 +0000Penerapan Konseling Behavioristik dalam Mengatasi Problematika Bullying Santri
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/438
<p>Perilaku <em>bullying </em>yang terjadi di pondok pesantren merupakan fenomena yang tidak berkesudahan. Pasalnya, perbedaan latar belakang santri menjadi pemicu yang selalu ada pada setiap generasinya. Penelitian ini mencoba menggali tentang penerapan konseling behavioristik dalam mengatasi problematika bullying santri di Ma’had Tibyan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa konseling behavioristik memiliki urgensi dalam mengatasi problematika bullying santri.</p>Bahrur Rosi, Moh Salim
Copyright (c) 2024 Bahrur Rosi, Moh Salim
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/438Sat, 24 Feb 2024 00:00:00 +0000Perilaku Kompulsif Remaja Pengguna NAPZA (Studi Kasus di Lembaga Rehabilitasi Narkoba Ghana Recovery)
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/451
<div><span lang="EN-US">Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran perilaku kompulsif remaja pengguna NAPZA di lembaga rehabilitasi narkoba Ghana<em>Recovery</em>. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Analisis datanya </span><span lang="IN">meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. </span>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kompulsif remaja pengguna NAPZA di lembaga rehabilitasi narkoba Ghana<em> Recovery </em>meliputi; <span lang="IN">(1) </span><span lang="EN-US">b</span><span lang="IN">entuk perilaku kompulsif pada remaja pengguna NAPZA </span>yaitu, kehilangan kemampuan untuk mengontrol seberapa banyak menggunakan NAPZA, emosi yang tidak stabil, paranoid berlebihan, sulit berkonsentrasi, dan muncul kecemasan ketika tidak menggunakkan, <span lang="IN">(2) </span><span lang="EN-US">p</span><span lang="IN">erilaku kompulsif muncul jika </span><span lang="EN-US">muncul </span><span lang="IN">keinginan kuat untuk menghindari stres atau tekanan, </span>(3) <span lang="EN-US">c</span><span lang="IN">ara </span><span lang="EN-US">remaja pengguna NAPZA </span>mengatasi perilaku kompulsif <span lang="EN-US">yaitu </span><span lang="IN">pengalihan perhatian melalui kegiatan positif, tekad kuat untuk berhenti</span><span lang="EN-US">, </span><span lang="IN">dan menahan diri, serta mengurangi interaksi dengan teman yang juga pengguna NAPZA. S</span><span lang="EN-US">edangkan </span><span lang="EN-US">cara lembaga rehabilitasi narkoba Ghana<em> Recovery </em></span><span lang="EN-US">membantu </span><span lang="IN">mengatasi perilaku kompulsif </span>pengguna yaitu detoksifikasi dan terapi kognitif, <span lang="IN">(4) s</span><span lang="EN-US">osok </span><span lang="IN">paling berpengaruh </span><span lang="EN-US">dalam </span><span lang="IN">membantu mengatasi perilaku kompulsif yang dialami remaja pengguna NAPZA </span>adalah orang tua, konselor adiksi dan teman.</div>Annisa Rachman, Ishlakhatus Sa'idah
Copyright (c) 2024 Annisa Rachman, Ishlakhatus Sa'idah
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/451Sat, 24 Feb 2024 00:00:00 +0000