https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/issue/feedDA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam2023-09-21T02:59:56+00:00Moh. Ziyadul Haq Annajihnajihas@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam</strong> has been published by Study Program of Islamic Guidance and Counseling, Dakwah Department of Islamic Institute of Miftahul Ulum Pamekasan. DA’WA journal is published twice every year in <strong>February</strong> and <strong>September</strong>. The contents are research manuscript and concept/theoretical papers on <strong>Islamic guidance and counseling: </strong>psychotherapy, sufistic therapy, individual and group counseling, community counseling, family counseling, parenting counseling contemporary issues in Islamic guindance and counseling, indigineous counseling, and multiculture counseling.</p>https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/278Konsep Terapi Meditasi-Tafakkur untuk Mereduksi Kebiasaan Overthinking2023-07-13T13:30:13+00:00Lia Widyawati1200012071@student.uin-suka.ac.idNurjannahNurjannah@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran konsep meditasi-tafakkur dapa mereduksi kebiasaan overthinking. Kebiasaan overthinking dapat mempengaruhi berbagai aspek dari kehidupan individu, karena mengalokasikan banyak energy dan waktu untuk memeikirkan permasalahn secara berlebihan. Konsep tafakkur adalah hadir untuk mengarahkan individu kepada konsep islami untuk melihat realitas kehidupannya optimis, baik itu proses penyesuaian dirinya dengan lingkungan akan lebih baik lagi, karena <em>tafakkur</em> adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mempresentasikan dunia sebagai model dan memberikan perlakuan terhadapnya secara efektif sesuai dengan tujuan dan cara menghadapi suatu masalah dengan mengambil hikmah dibalik masalah yang terjadi, sehingga tidak menimbulkan konflik atau pertentangan dalam dirinya.</p>2023-09-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Lia Widyawati, Nurjannahhttps://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/295Efektivitas Dakwah Akun Tiktok @MSALBANIQUOTES dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Islam bagi Masyarakat2023-07-13T13:29:03+00:00Rizki Dwi Lestarirdwi2201@gmail.comNabila AdityaNabilaaditya1@gmail.comMeuthia PutriMeuthiaputri2@gmail.com<p>Media sosial merupakan medium terbesar saat ini. Media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Beberapa situs media yang populer saat ini antara lain: TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, Path, Wikipedia, dan lain sebagainya. Media sosial adalah platform media yang memfokuskan pada eksistensi penggunanya baik itu pemenuhan fasilitas untuk beraktivitas maupun berkolaborasi. Oleh sebab itu, media sosial dapat dilihat sebagai fasilitator online yang menguatkan hubungan antar pengguna sekaligus sebagai sebuah ikatan sosial.</p>2023-09-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Rizki Dwi Lestari, Nabila Aditya, Meuthia Putrihttps://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/323Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kesadaran Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama2023-07-27T12:29:33+00:00Ishlakhatus Sa'idahishlakhatus.saidah@gmail.comLeni Yuliandrileniyuliandri2@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan kelompok melalui media audio visual untuk meningkatkan kesadaran moral pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekan kuantitatif dengan rancangan <em>One Grup Pretes dan Posttest, </em>sampel penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas VIII SMP Al-Islamiyah dan sampel diambil melaui <em>purposive sampling. </em>Hasil penelitian <em>uji paired sampel t test </em>berdasarkan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05, yang dapat dinyatakan bahwa Ha (hipotesis alternatif) diterima. Selain itu, terdapat perbedaan dari hasil nilai rata-rata <em>pre-test </em>(116,75) dan rata-rata <em>post-test</em> (129,25) yang mengalami peningkatan dengan rata-rata skor 12,5. Yang artinya bimbingan kelomok berbasis media audio visual di SMP Al-Islamiyah efektif meningkatkan kesadaran moral siswa.</p>2023-09-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Ishlakhatus Saidah, Leni Yuliandrihttps://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/325Teknik Asertif sebagai Strategi Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier 2023-08-01T03:36:13+00:00Rochiyatin Rifaiatinrifaisempada@gmail.comNita Aprilia Utarinitaaprilia@gmail.comMoh Ziyadul Haq Annajihnajihas@gmail.comSofian Zahrialsofianzahrial@gmail.comDwi Putri Handayanidwiputri@gmail.comWindariwindari@gmail.com<div><span lang="IN">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas latihan asertif sebagai strategi dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen <em>one-group pretest-postest design</em>. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) teknik asertif efektif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,006 < 0,05, (2) terjadi peningkatan kemampuan perencanaan karier siswa yang dapat dilihat dari pengujian skor mean pre-test sebesar 93,60 dan mean post-test sebesar 109,80 yang berarti terjadi perubahan skor dari hasil pemberian treatment bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif.</span></div>2023-09-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Rochiyatin Rifai, Nita Aprilia Utari, Sofian Zahrial, Dwi Putri Handayani, Windari, Moh Ziyadul Haq Annajihhttps://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/356Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Pademawu2023-08-23T03:36:03+00:00Atika MufidaAtikamufida@gmail.comAbbadi Ishomuddinabbadiisho@iainmadura.ac.id<p>Motivasi belajar yang rendah wajar dialami oleh siswa. Ada banyak faktor yang penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga dibutuhkan <em>treatment </em>atau perlakuan untuk meningkatkan motivasi belajar yakni dengan menggunakan konseling kelompok dengan teknik <em>modelling</em>. Sehingga peneliti tertarik dengan judul peneltian ”efektivitas konseling kelompok dengan teknik <em>modelling </em>untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Pademawu”. Dalam penelitian ini, terdapat dua permasalahan yang diteliti oleh peneliti yakni: pertama, Adakah efektivitas konseling kelompok dengan teknik <em>modelling</em> untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Pademawu; kedua, seberapa besar efektivitas konseling kelompok dengan teknik <em>modelling</em> untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan <em>pre experimental design (one-group pretest-posttest design)</em>. Peneliti meneliti siswa kelas X IPS 1. Dengan jumlah populasi 21 orang dan sampelnya 8 orang. Dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik <em>purposive sampling.</em>Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik <em>modelling</em> sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Ditunjukkan dengan uji <em>Paired Sample T-Test</em> diketahui bahwa nilai <em>sig.(2-tailed)</em> sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Sehingga, ada perbedaan yang bermakna dari hasil rata-rata <em>pre-test </em>dan <em>post-test</em>. Hasil dari nilai T hitung juga sebesar 15,060 lebih besar dari T Tabel sebesar 2,477. Maka ada pengaruh dari variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Pada uji korelasi sebesar 0,620 hampir mendekati angka 1 artinya adanya korelasi yang sangat kuat antara konseling kelompok dengan teknik <em>modelling</em> untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.</p>2023-09-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Atika Mufida, Abbadi Ishomuddin