Strategi Dakwah Sunan Kalijaga dalam Buku Atlas Wali Songo Karya Agus Sunyoto
DOI:
https://doi.org/10.36420/dawa.v1i2.93Keywords:
Strategi dakwah, Sunan KalijagaAbstract
Dakwah merupakan kegiatan mengajak pada peningkatan keberagamaan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang memungkinkan, baik dari segi social, budaya, ekonomi maupun sumber daya manusianya itu sendiri. Demikian pula, dakwah harus dikemas dengan metode yang relevan dengan tuntutan zaman dan keadamaan masyarakat yang menjadi mitra dakwahnya. Hal tersebut sebagaimana dilakukan oleh Sunan Kali Jaga ketika berusaha melakukan islamisasi masyarakat Jawa yang saat itu maish sangat kolot dan terbelenggu kepercayaan dinamisme maupun animisme. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa Sunan Kali Jaga sangat mempuni dalam meramu materi dakwah melalui strategi yang sangat cerdik. Alhasil, materi dakwah yang beliau sampaikan dapat diterima dengan tangan terbuka oleh masyarakat tanpa meresa dipisahkan dengan budaya yang selama ini telah melekat dalam keseharian mereka.
References
Agus Sunyoto, 2016, Atlas Walosongo Depok pustaka IIMaN.
Bayu Anggoro, Wayang dan Seni Pertunjukan: Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang di Tanah Jawa sebagai Seni Pertunjukan dan Dakwah. Jurnal
Dr. Hamka, 1997, Sejarah Umat Islam Singpura: Pustaka Nasional Pte Ltd.
Ibnu Tholhah Mansur, 2008, Metode Dakwah Praktis Kediri: Al-Khausar.
M. Iqbal Hasan, 2002, Pokok-pokok Materi Metodologi penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia,
Masroer, Spiritualitas Islam dalam Budaya Wayang Kulit Masyarakat Jawa dan Sunda,. Jurnal
Murod, 2004, Sejarah Kebudayaan Islam, Semarang, Karya Toko Putra.
Mestika zed, 2008, Metode Pelitian Kepustakaan Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kustadi Suhandang, ilmu Dakwah, ( Bandung : Rosdakarya 2013).
Jalaluddin Rakhmat, Psikologis Komunikasi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991)
Wjs Purwadaminta, kamus Besar Bahsa Indonesia ( Jakarta: Balai pustaka,2005)
Toto Tasmara, Komunikasi Dakwah (Jakarta, Gaya Media Pratama, 1997).
Asep Syamsul M. Romli, SIP, Jurnalistik Dakwah Visi dan Misi Dakwah Bil Qolam( PT.Remaja Rosdakarya: Bandung 2003).
Moh. Ali Aziz. 2016, Ilmu dakwah. Jakarta: Kencana.
Sun arto, 2012, Kiai Prositusi Pendekatan Dakwah KH. Khairon Suaib di Lokalisasi surabaya Surabaya: Jaudar Press
Wahyu Ilaihi, Komunikasi Dakwah ( Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2010.
Yunus Hanis Syam, & Muafi, 2007, Manajemen Dakwah, Yogyakarta: Shaida.
Yudi Hadinata, 2015, Sunan Kalijaga DIPTA Sampangan Gd.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abd. Rohim, Muchlis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.