Sinergitas Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 2 Pegantenan

Authors

  • Rofiqi IAI Al-Khairat
  • M Mansyur IAI Al-Khairat

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v1i2.90

Keywords:

Sinergitas Guru, PAI, BK, Kenakalan Siswa

Abstract

Penelitian ini sebagai respon dari fenomena kerjasama yang bangun oleh pihak sekolah khususnya guru PAI dan guru BK di SMPN 2 Pegantenan dalam mengatasi persoalan kenakalan siswa di sekolah. Penelitian ini berupaya untuk mengungkap pola kerjasama di antara guru sehinga penelitian ini nantinya akan menemukan teori baru terkait dengan model kerja sama yang efektif dalam konteks lembaga pendidikan sekolah. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana upaya guru PAI dan BK dalam mengatasi kenakalan siswa, 2) bagaimana pola kerja sama yang dilakukan oleh guru PAI dan BK dalam mengatasi kenakalan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus sehingga tehnik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dengan guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa  berkaitan erat dengan peran dan tugas guru masing-masing. Artinya adalah pelaksanaan tugas dan tanggungjawab guru merupakan upaya ril dalam memberikan bimbingan dan pengayoman bagi siswa. Guru PAI lebih fokus kepada persoalan keagamaan seperti akhlak siswa, kerapian, dan lain sebagainya. Sedangkan guru BK lebih menekankan kepada persoalan psikologis seperti mendiagnosis sebab dari kenakalan siswa, cara mengontrol emosi siswa, serta pemberian treatment terhadap skenakalan siswa. 2) Adapun kerja sama yang dilakukan oleh  guru PAI dengan guru BK yaitu bersifat  koordinatif, kompetitif, evaluatif, produktifitas, dan transparansi.

References

Abdullah Idi, Jalaluddin. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Mohammad Abdussalam, Skripsi: “ Kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Proses Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa MTS Negeri 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.

Arifin, Mohammad. Burnawi. Instrumen Pembinaan, Peningkatan & Penilaian Kinerja Guru Profesioanal. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Beni Ahmad Saebani, Afifuddin. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung:Pustaka Setia, 2012.

Buna'i. Penelitian Kualitatif. Pamekasan, Perpustakaan STAIN Pamekasan Press, 2008.

Darajat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemah juz 1-30. Jakarta: Mahkota Surabaya, 2002.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: PT Renika Cipta, 2005.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Hukmiyah, Hema Nisaul. Sinergitas Kinerja Guru Agama, Guru BK dan Wali Kelas Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Ta’miriyah Surabaya, skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabay, 2019.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian Refleksi Pengembangan Pemahaman dan Penguasaan Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Maliki Press, 2010.

Ketut Sukardi, dkk. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Muhaimin dkk. Paradigma Pendidkan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Mustofa, Sayiful. Jasmani Asf. Supervisi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Prayitno. Dasar-dasar Bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Sukmadinata, Nana Syodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.

Sarlito W. Sarwono. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pres, 2012.

Setiani, Puji. Sinergitas Kinerja Guru Agama Dengan Guru BK Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMA Islam Raudhotul Tholibin Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sumara, Dadan dkk, “Kenakalan dan Penangannya, Jurnal Penelitian dan PPM”, Vol. 4 No. 2.

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Buana Putra, Andi Riswandi. “Peran Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Kenakalan Remaja Di Sekolah”, Jurnal Pedagogik Pendididkan Vol. 10. No 1, 2015.

Ummu Kulsum, Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Nusantara, 2011.

Widodo, Ganjar Setyo dkk, “Persepsi Guru Tentang Kenakalan Siswa: Studi Kasus di Sekolah Dasar ‘Raja Agung’”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 23 No. 2, Oktober 2016.

Downloads

Published

2022-02-25

Issue

Section

Articles