Perilaku Konsumtif Gen Z di Era Digital: Studi Kasus di Kabupaten Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.36420/dawa.v4i2.655Keywords:
Perilaku konsumtif, Gen Z, era digital, studi kasus, bimbingan dan konselingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumtif Gen Z di kabupaten Pamekasan, faktor-faktor yang mempengaruhinya dan dampak dari perilaku konsumtif tersebut dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap tujuh informan yang memiliki latar belakang sosial dan ekonomi yang beragam yang lahir antara tahun 2002 hingga 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif Gen Z dipengaruhi oleh faktor emosional, sosial serta pemasaran digital. Gen Z lebih cenderung berbelanja berdasarkan keinginan dan tren, bukan kebutuhan, serta mudah dipengaruhi oleh media sosial, teman sebaya dan influencer. Faktor-faktor seperti hedonisme, konformitas, FOMO (Fear of Missing Out) dan rendahnya kontrol diri menjadi pendorong utama dalam perilaku konsumtif mereka. Dampak dari perilaku konsumtif ini meliputi kesulitan finansial seperti terjerat pinjaman online dan dampak psikologis berupa kecemasan dan penyesalan yang sering berujung pada konflik keluarga. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan kesadaran finansial untuk membantu Gen Z mengelola perilaku konsumtif mereka secara lebih bijak. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengeksplorasi pengembangan bahan layanan bimbingan dan konseling yang dapat membantu individu dalam mengelola kecemasan dan pengendalian diri serta memfasilitasi pendidikan keuangan untuk meningkatkan pemahaman Gen Z tentang konsekuensi dari konsumsi impulsif dan pengelolaan keuangan yang lebih baik.
References
Amri, N. F., Faridah, F., & Nur, I. (2023). Dinamika Komunikasi dalam Membentuk Perilaku Manajemen Keungan Generasi Milenial. CORE: Journal of Communication Research, 49-56. https://doi.org/10.47650/core.v1i1.982
Astriana, N., & Jaharuddin, J. (2024). Dampak E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 5738-5756. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i6.4852
Bandura, A., & Hall, P. (2018). Albert bandura and social learning theory. Learning Theories for Early Years, 78.
Fitri, O. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Berbasis Digital dan Perilaku Konsumtif terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Gen Z di Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Hidayah, P. (2023). Hedonic Treadmill Syndrome terhadap Maraknya Penggunaan Financial Technology di Kalangan Gen Z (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).
Lampe, K. (2014). The birth of hedonism: The Cyrenaic philosophers and pleasure as a way of life. Princeton University Press.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003210000
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan transaksi bisnis e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(2), 506-519. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.227
Pohan, M. Z., Nasution, T. A., & Pohan, S. (2024). Gaya Hidup Konsumtif Generasi Z dalam Era Belanja Daring Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 4(2), 237-246. https://doi.org/10.52436/1.jishi.205
Puspitasari, C. A., Kamaludin, M., Pratama, M. R., & Azahra, S. A. (2025). Pengaruh Fenomena Fear Of Missing Out (Fomo) Terhadap Tingkat Kecemasan Dan Kepuasan Hidup Mahasiswa Gen Z Di Media Sosial. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(1), 1298-1310.
Putri, N. M., Ferlianti, R. A., & Zuhri, S. (2024). Analisis Perilaku Konsumtif pada Tren Pembelian Boneka Labubu di Kalangan Gen-Z. Komunika: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 2(2), 23-32.
Rasimin, B. S., & Atamimi, N. (2008). Hubungan Self-monitoring dengan Impulsive Buying terhadap Produk Fashion pada Remaja. Jurnal psikologi, 35(2), 181-193. https://doi.org/10.22146/jpsi.7951
Rospitadewi, E., & Efferin, S. (2017). Mental Accounting dan Ilusi Kebahagiaan: Memahami Pikiran dan Implikasinya bagi Akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 8(1), 18-34. http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2017.04.7037
Rumbik, F. E. R. F. E., Kurniawan, R., & Ginting, R. (2024). Menguak Perilaku Konsumtif Generasi Z dalam Penggunaan Digital Payment dan Literasi Keuangan Berdasarkan Mental Accounting: Sebuah Studi Fenomenologi. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 12(2), 163-171.
Sa'idah, I., Annajih, M. Z. H., & Fakhriyani, D. V. (2023). Teknik Self-Management: Strategi Mereduksi Gaya Hidup Hedonis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Al-Hiwar Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 11(2), 81-88. https://doi.org/10.18592/alhiwar.v11i2.10958
Sa'idah, I., Fakhriyani, D. V., Aisa, A., & Wahyuningrum, S. R. (2025). Hedonisme: Peran Kontrol Diri dan Konformitas Teman Sebaya. Pamekasan: Alifba Media.
Sa'idah, I., Wahyuningrum, S. R., Fakhriyani, D. V., & Aisa, A. (2024). Gaya Hidup Hedonis Mahasiswa: Bagaimana Kontribusi Kontrol Diri dan Konformitas Teman Sebaya?. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 5(2), 48-60. https://doi.org/10.19105/ec.v5i2.15056
Sholichah, I. F. (2018). Identitas Sosial Mahasiswa Perantau Etnis Madura. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 11(1), 40-52. http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v11i1.635
Wibowo, W., & Ayuningtyas, F. (2024). Generasi Z sebagai Konsumen Masa Depan: Karakteristik, Preferensi, dan Tantangan Baru. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), 5(2), 90-99.
Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku phubbing sebagai karakter remaja generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ishlakhatus Sa'idah, Eka Liyana, Nurul Laily, Amaliah Aryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.