Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik

Authors

  • Zahwa Khoirunnisa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Elia Firda Mufidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v4i2.622

Keywords:

Interaksi Sosial, Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok

Abstract

Kemampuan interaksi sosial yang baik membantu peserta didik, khususnya siswa baru SMA/SMK, untuk beradaptasi di lingkungan sekolah yang baru. Sebaliknya, kemampuan interaksi sosial yang rendah sering kali menyebabkan kesulitan berkomunikasi dan rasa kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas X di SMK Kawung 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pre-test dan post-test pada 10 siswa dengan skor interaksi sosial terendah berdasarkan skala pengukuran interaksi sosial. Hasil analisis paired sample T-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. ≤ 0,05), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Selain itu, analisis uji N-Gain menunjukkan nilai sebesar 0,58 menunjukkan adanya peningkatan keterampilan interaksi sosial pada peserta didik dengan kategori “sedang”. Hasil ini menunjuukan masih harus adanya upaya berkelanjutan dalam meningkatkan interkasi sosial siswa di SMK Kawung 2.

References

Arianti, Oka. (2022). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didk di SMAN 1 Darus Imarah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.

Bali, Muhammad M. E. dan Naim, Abwabun. (2020). Tipologi Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 04(01), 47–62. https://doi.org/10.33650/edureligia.v4i1.1157 .

Buchori Ibrahim, M., Fifian Permata Sari, Ms., Lalu Puji Indra Kharisma, Ms., Indra Kertati, Mc., Putu Artawan, Ms., Gede Iwan Sudipa, Ms. I., Peran Simanihuruk, Mc., Ir Gusti Rusmayadi, Ms., Mas, Ms., Muhammadiah, ud, Ars Eko Nursanty, Ms., & Enos Lolang, M. (n.d.). METODE PENELITIAN BERBAGAI BIDANG KEILMUAN (Panduan & Referensi). www.sonpedia.com

Fahri, Lalu M. dan Qusyairi, Lalu A. (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan. 7(1), hal 149-166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194 .

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10ed). Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartanti, J., & Nindi Riandika, L. M. (2022). Bimbingan Kelompok.UD Duta Sablon. Tulungagung.

Hasriyani. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berdiskusi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Teknik Two Stay Dengan Menggunakan Koleksi Referensi Perpustakaan Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Bulukumba.

Hurst, B., Wallace, R., & Nixon, S. B. (2013). The impact of social interaction on student learning. Reading Horizons: A Journal of Literacy and Language Arts, 52(4), Article 5. Retrieved from https://scholarworks.wmich.edu/reading_horizons/vol52/iss4/5

Husna, Farida. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik Di SMPN 18 Banda Ace. (n.d.).

Indraswari, Fauziah Y. (2013). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerja Sama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 3 Lamongan. Jurnal BK UNESA. Surabaya. 01(01), hal 2.

Kurniawan, A. W. (2019). Buletin Pendidikan Karakter Peserta Didik SMK. Direktorat Pembinaan SMK.

Nurdyansyah, dan Fahyuni, E.F. (2016). Buku Model Pembelajaran Inovatif. Nizamial Learning Center. Sidoarjo.

Rohmah, Siti. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Mastery Learning Untuk Meningkatkan Kecerdasan Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Di MTS Kabupaten Kudus. (Tesis S2). Institut Agama Islam Negeri, Kudus.

Sa’idah, I. (2016). Pengembangan Paket Interaksi Sosial Untuk Siswa Sekolah menengah (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Setiadi, Elly M., Hakam, Kama A., & Effendi, R. (2006). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (3nd). Kencana. Jakarta.

Sukarelawan, I., Indratno, Toni K., dan Ayu, Suci M. (2024). N-Gain VS Stacking: Analisis Perubahan, Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest-Posttest. Suryacahaya. Yogyakarta.

Turner, J. H. (1988). A theory of social interaction. Stanford University Press. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/266489113_A_Theory_of_Social_Interaction

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845 .

Xiao, Angeline. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika. 7(2). https://doi.org/10.31504/komunika.v7i2.1486.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Khoirunnisa, Z. ., & Mufidah, E. F. (2025). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 4(2), 61–75. https://doi.org/10.36420/dawa.v4i2.622

Issue

Section

Articles