Tingkat Stres Akademik pada Siswa Santi Witya Serong School Thailand

Authors

  • Putri Chairunisa Pratiwi Putri Santi Serong School, Thailand
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang
  • Venty Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v4i2.610

Keywords:

Stres Akademik, Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Stres akademik adalah kondisi psikologis yang dialami individu akibat adanya tekanan atau tuntutan untuk memenuhi ekspektasi dalam bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat stres akademik pada siswa kelas 6 Santi Witya Serong School, Provinsi Pattani, Negara Thailand Selatan. Jumlah responden penelitian sebanyak 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa (80%) berada dalam kategori stres akademik tinggi, sementara hasil lainnya, menunjukan, sebanyak 27% berada pada kategori rendah, dan 13% tergolong dalam kategori sangat tinggi. Temuan ini mencerminkan adanya perbedaan individu dalam mengelola stres akademik, di mana siswa dalam kategori rendah kemungkinan memiliki strategi coping yang efektif, sedangkan siswa dalam kategori sangat tinggi memerlukan perhatian khusus. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa dukungan dan intervensi dari lingkungan sekolah untuk mengurangi stres akademik pada siswa begitu penting dilakukan. Terutama bagi mereka yang berada dalam kategori sangat tinggi agar terwujud peningkatan kesejahteraan mental dan kinerja akademik yang lebih baik.

References

Ariga Bahrodin, Evita widiyati. 2021. "TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS." LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG 2021 1-8.

Mufhadal Barseli, Riska ahmad,Ifdil ifdil. 2018. "HUBUNGAN STRES AKADEMIK SISWA DENGAN HASIL BELAJAR." Jurnal EDUCATIO 40-47.

Rizka amanda puspita, Siti Fitriana, Chr. Argo Widiharto. 2024. "PERSEPSI SISWA TERHADAP FULL DAY SCHOOL DENGAN STRES AKADEMIK." RISTEKDIK 503-511.

Siska Damayanti, Syarifah Rauzatul Jannah,Nevi Hasrati Nizami. 2022. "TINGKA T STRES AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SELAMA." JIM FKep 154-158.

sofiamurni. 2024. "PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN THAILAND DAN INDONESIA: SEBUAH STUDI LITERATUR." INSAN CENDEKIA 11-22.

Sudarsana, Didik. 2019. "PENGARUH ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN PRESTASI." Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 204.

zulhamdan. 2023. "Kebijakan dan Potret Pendidikan Islam Awal Abad 21 Di Thailand Selatan." INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 1446-14460.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800

Fiqih, A., & Ratnawati, V. (2023). Mengurai Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir: Faktor Pemicu, Dampak Dan Strategi Pengelolaan Di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Semdikjar 6, 755–765.

Kartasasmita, A. M. (2022). Hubungan Tingkat Stres Akademik dan School Well-Being yang di Moderasi oleh Konseling Kelompok pada Siswa SMP Kelas 3 The Relationship between Academic Stress Levels and School Well-Being which is Moderated by Group Counseling for Grade 3 Junior High Scho. Jurnal Kesehatan Mental Indonesia, 2022(1), 46–54.

Kurniawati, S., Lukman, & Asri, A. (2022). Pengaruh Grit terhadap Stres Akademik pada Dokter Muda (Co-asisstant). Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(1), 25–36.

Mahbengi, P. A., Nurhasanah, & Nurbaity. (2023). Tingkat Stres Akademik Pada Siswa SMKN di Banda Aceh. Jurnal Al-Taujih, 9(2), 87–95. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/

Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.12

Oktaviani, A., Donal, D., & Arlizon, R. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Think Pair Share terhadap Self Control Penggunaan Gadget. Journal on Education, 5(4), 14300–14306. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2462

Prasetyo, Y. A., & Andriana, S. S. (2022). Gambaran Persepsi Stress Akademik Selama Pandemi Covid-19 Dan Faktor Yang Terkait Pada Mahasiswa Keperawatan. SBY Proceedings, 1(1), 82– 94.

Pratiwi, Ismanto, Venty – Stres Akademik,Siswa,Sekolah Dasar

Setiawan, H., Munawwarah, M., & Wibowo, E. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran dan Tingkat Stres pada Karyawan Back Office Rumah Sakit Omni Alam Sutera dimasa Pandemi Covid-19. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.22219/physiohs.v3i1.16935

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Yulianti, D., & Hardianti, Y. (2018). PENGARUH PENDEKATAN KONSELINGREALITAS UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA BROKEN HOMESMAN1 SIKUR Dewi. Jurnal Konseling Pendidikan, 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543- 8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007% 0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Putri, P. C. P., Heri Saptadi Ismanto, & Venty. (2025). Tingkat Stres Akademik pada Siswa Santi Witya Serong School Thailand. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 4(2), 50–60. https://doi.org/10.36420/dawa.v4i2.610

Issue

Section

Articles