Pengaruh Self-Efficacy terhadap Perilaku Keagamaan Remaja
DOI:
https://doi.org/10.36420/dawa.v4i1.589Keywords:
Self-efficacy, Perilaku keagamaan, RemajaAbstract
Self-efficacy atau keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya dalam menghadapi tantangan dan mencapai tujuan merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengarruhi perilaku keagamaan remaja. Perilaku keagamaan mencerminkan bagaimana sseorang menjalankan nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari, yang sangat penting dalam pembentukan karakter, khususnya di usia remaja. Penelitian ini dilakukan sebagai langkah untuk menganalisis pengaruh self-efficacy terhadap perilaku keagamaan siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan validitas rupa (face validity). Penghimpunan data dilakukan dengan dua skala, yaitu skala self-efficacydan skala perilaku keagamaan yang sudah dimodifikasi oleh peneliti. Sementara itu, teknik penskalaan yang digunakan adalah model skala Likert.Telah dibuktikan bahwa self-efficacy, yang diartikan sebagai keyakinan individu terhadap kemampuan diri, memberikan pengaruh signifikan terhadap keterlibatan siswa dalam praktik keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya self-efficacy memberikan kontribusi efektif sebesar 51,3% terhadap perilaku keagamaan, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Tingginya self-efficacy pada siswa tercermin dari kecenderungan mereka yang lebih aktif dalam kegiatan keagamaan, mampu mengatasi hambatan, dan memiliki motivasi intrinsik yang lebih baik. Temuan ini difokuskan pada pentingnya penguatan self-efficacy dalam mendukung perilaku keagamaan yang positif di kalangan remaja.References
Al Fajrani, S. (2023). Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku keagamaan remaja di korong batiah-bataiah, nagari gadur, kecamatan enam lingkung. Ilmu Pendidikan Islam, 19, 86–97. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52008%0Ahttp://repository.unp.ac.id/52008/1/B.1_07_AL_FAJRANI_18329090_1320_2024.pdf
Cahyandari, R. (2023). Penguatan efikasi diri melalui self talk sebagai koping religius strengthening self-efficacy through self talk as religious coping. 20(1).
Cahyani, R. R., Wulandari, P. A., & Jannah, I. M. (2020). Implementasi budaya sekolah dalam pengembangan karakter peserta didik di MTs mambaus sholihin. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(2), 124–140.
Farida, U. N., & Badrus. (2019). Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Self Efficacy Pada Siswa Kelas XI di MAN 4 Madiun. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(01), 25–34. https://doi.org/10.33367/ji.v9i01.964
Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Self Efficacy Siswa Terhadap Pembelajaran. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(1), 16. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.4214
Holifah, U. N. (2021). Efikasi diri pada remaja ditinjau dari religiusitas. Syifa Al-Qulub: Jurnal Studi Psikoterapi Sufistik, 6(1), 23–34.
Istiqlailia, N., & Sa'idah, I. (2021). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa Kelas XII Putri MA Miftahul Qulub Galis Pamekasan. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.19105/ec.v2i2.4937
Laela Sari, A., & Mulyani, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Akhlak Siswa Sebagai Pembentuk pola kepribadian. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(1), 21–30. https://doi.org/10.69900/ag.v4i1.210
Lisani, N., Khotimah, K., & Ghofur, A. (2023). PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DESA TANJUNG KARANG KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU KABUPATEN KAMPAR. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 15(2), 115–136.
Mahsunah, A., & Musbikhin, M. (2023). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kepercayaan Diri pada Siswa. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 34–48. https://doi.org/10.53915/jbki.v3i1.318
Malti, T., & Noam, G. G. (2016). Social-emotional development: From theory to practice. European Journal of Developmental Psychology, 13(6), 652–665.
Nissa, A. K., Majid, A., & Lailiyah, S. (2022). Konsep self efficacy pada karakter remaja dalam pendidikan agama islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7526–7531.
Sa'idah, I. (2024). Self-Efficacy vs Career Maturity: Quantitative Findings Among College Students. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 32-39. https://doi.org/10.32585/advice.v6i2.5827
Sucitno, F., Sumarna, N., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal Sublimapsi, 1(3), 114–119. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i3.14307
Zimmerman, B. (2000). ‘ Self-efficacy: An essential motive to learn. â€TM Contemporary Educational Psychology, 25 (1), 82-91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ardita Rahma Putra, Asrori, Shokhibul Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.