Mengurangi Perilaku Nomophobia
DOI:
https://doi.org/10.36420/dawa.v1i2.45Keywords:
Bimbingan Kelompok, NomophobiaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penurunan perilaku nomophobia menggunakan bimbingan kelompok pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain yang dipilih adalah pre-experimental designs. Bentuk pre-experimental designs yang dipilih yaitu model one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 150 peserta didik dengan sampel berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan studi pustaka.Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi perilaku nomophobia siswa. Adapun rata-rata skor perilaku nomophobia siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok didapatkan dari hasil pretest 84,8 dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok rata rata skor mengalami penurunan menjadi 59,0. Dari hasil uji wilcoxon mengunakan SPSS versi 20 didapatkan nilai z hitung -4.787 lebih kecil dari z tabel yaitu 1,96 dengan nilai asymp sig ,000 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka keputusan yang didapat adalah Ho ditolak dan Ha diterima.
References
Asih, A. T. & Fauziah, N. 2018. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecemasan Jauh dari Smartphone (Nomophobia) pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati e-journal Undip. 6:15-20.
Andrew Przybylski, Jurnal apps. Berapa Lama Waktu yang Ideal untuk Menggunakan Gadget?. Jurnal Apps. Februari 2018. https://jurnalapps.co.id/berapa-lama-waktu-yang-ideal-untuk-menggunakan-gadget-13046. Diakses pada 5 April 2020.
Bragazzi, N. L. & Puente, G. D. 2014. A Proposal For Including Nomophobia In the New DSM-V. Psychology Research and Behaviour Management. 7:155-160
Sugiyono.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Prayitno. 2007. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Ghalia Indonesia, Jakarta.
Yildirim, C. 2014. Exploring the dimensions of nomophobia: Developing and validating a questionnaire usingmixed methods research. (Tesis). Iowa State University. United States America.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ainur Rosidah Ainur Rosidah, Astoni Nurdin, Saikhoni Saikhoni, Triyuni Hendrowati, Wildan Debbie Tianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.