Pengembangan Media Carier Box dalam Bimbingan Kelompok untuk Pengenalan Karir di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.36420/dawa.v1i1.37Keywords:
Bimbingan kelompok, media pembelajaran, pengenalan karirAbstract
Penggunaan media pembelajaran pada proses belajar mengajar pada jenjang PAUD sangat membantu untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini didasarkan pada kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan pada jenjang PAUD khususnya dalam pengenalan karir. Penggunaan media yang slama ini digunakan hanya memfungsikan indra penglihatan dan pendengaran siswa sehingga membuat penyampaian materi ke siswa hanya sebesar 10%. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya media yang bisa meningkatkan aktifitas pembelajaran dengan memberikan siswa pengalaman tiruan. Media tersebut adalah media carier box yang dapat dilaksanakan dalam bimbinan kelompok. Tujuan dari peneitian ini adalah membuat media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat memaksimalkan penyampaian materi kepada siswa, sehingga siswa bisa lebih mengenal tentang macam-macam jenis pekerjaan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan 4 tahap yaitu analisis produk, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk Hasil penelitian didapat dari hasil uji validitas dari ahli materi, ahli media, ahli praktisi yang kemudian diolah menjadi persentase. Dari hasil uji coba ahli dengan ahli materi diperoleh rerata persentase sebesar 89,2%, hasil ahli media mencapai 81,5%. Kemudian juga dari hasil uji coba skala kecil dengan meminta menilaian dua orang praktisi diperoleh rerata sebesar 89,12% dan 88,55%. Selanjutnya rata rata dari semua presentase hasil validasi adalah 87,09%. Setelah mendapatkan data tersebut dihasilkan pula data kualitatif bahwa media carier box termasuk dalam kategori sangat baik dan sesuai dengan kriteria kelayakan sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam bimbingan kelompok di jenjang PAUD
References
Interaksi Sosial Siswa. Bimbingan dan Konseling IKIP PGRI Pontianak (Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 2 (Juli-Desember 2016) Print ISSN 2460-1187, Online ISSN 2503-281X)
Dale, Edgar, (1969) Audio Visual Methods in Teaching, New York: Holt, Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional
Penelitian Osborn, White, dan Bloom dalam Gutama, “Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini”, dalam Perpustakaan Kemendiknas.go.id
Piaget, J. The Origins of Intelligence in children, Trans. M. Cook, Trans, New York International Universities Press, 1952
Puslitjaknov, Tim. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Departemen Pendidikan Nasional.
Ratnayanti, Apri. Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola Pada Anak Kelompok B Tk Negeri Pembina Gelumbang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. 2018
Santrock, Jhon W., Child Development, Boston: Pearson Education, 2010
Santrock, Jhon W., Child Development, Terj. Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti, Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2007
Santrock, Jhon W., Educational Psychology, 5th edition, New York: McGrawHill Companies, 2011
Santrock, Jhon W., Life-Span Development, C. Brown Communication, 1995
Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: raja grafindo persada
Vygotsky, LS, “Emotions and their Development in Childhood” dalam R. Rieber (Ed.), The Collected Works of L. S. Vygotsky. Vol. 1 (hh. 325-337), New York: Plenum Press. 1987
Vygotsky, L.S., Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes, Ed. Michael Cole et.al, Cambridge: Harvard University Press, 1978
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 mimbar oktavia, Sriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.