Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Pademawu

Authors

  • Atika Mufida IAIN Madura
  • Abbadi Ishomuddin IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v3i1.356

Keywords:

Konseling kelompok, Teknik modelling, motivasi belajar

Abstract

Motivasi belajar yang rendah wajar dialami oleh siswa. Ada banyak faktor yang penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga dibutuhkan  treatment atau perlakuan untuk meningkatkan motivasi belajar yakni dengan menggunakan konseling kelompok dengan teknik modelling. Sehingga peneliti tertarik dengan judul peneltian ”efektivitas konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Pademawu”. Dalam penelitian ini, terdapat dua permasalahan yang diteliti oleh peneliti yakni: pertama, Adakah efektivitas konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Pademawu; kedua, seberapa besar efektivitas konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre experimental design (one-group pretest-posttest design). Peneliti meneliti siswa kelas X IPS 1. Dengan jumlah populasi 21 orang dan sampelnya 8 orang.   Dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik modelling sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Ditunjukkan dengan uji Paired Sample T-Test diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Sehingga, ada perbedaan yang bermakna dari hasil rata-rata pre-test dan post-test. Hasil dari nilai T hitung juga sebesar 15,060 lebih besar dari T Tabel sebesar 2,477. Maka ada pengaruh dari variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Pada uji korelasi sebesar 0,620 hampir mendekati angka 1 artinya adanya korelasi yang sangat kuat antara konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Ahmadi, Abu. dkk. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amin, Zakki Nurul. (2017). Portofolio Teknik-Teknik Konseling (Teori Dan Contoh Aplikasi Penerapan), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Baharuddin. dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-aruzz Media Group,

Buhari. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan Model Reading Guide Berbasis PAIKEM Bagi Peserta Didik Kelas I Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SDN INPRES OI TU. Jurnal Sosial dan Pendidikan 2(1), Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id.upaya+meningkatkan+motivasi+belajar+dengan+menerapkan+reading+guide+cbl.

Daryanto. dkk. (2015). Bimbingan dan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum.Yogyakarta: Gava Media.

Djamara, Saiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzi, Taty. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan. Administrasi Pendidikan FKIP UM PALEMBANG 1(2). Retrieved from https://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation.

Fitrihatin Umamah, (2021). Guru BK SMAN 1 Pademawu di ruang BK. Wawancara Langsung, 17 April .

Hariyanti, Desi Dwi. dkk. (2018). Penerapan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII G SMP Yayasan Pendidikan 17 Surabaya. Jurnal BK Universitas Surabaya 1(1). Universitas Negeri Surabaya. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id.Penerapan+Konseling+Kelompok+Rational+Emotive+Behavior+Untuk+Meningkatkan+Motivasi+Belajar+Siswa.

Lubis, Namora Lumonggo, dkk. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.

M. Luddin, Abu Bakar. (2010). Dasar-Dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Mufrihah, Arina. (2019). Bimbingan Konseling Belajar. Madura: Instika Press.

Prayitno. dkk. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prayitno. dkk. (2004). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Ratna, Lilis. (2013). Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Deepublish.

Sa’idah, Ishlakhatus. (2019). Teori Dan Teknik Konseling. Pamekasan: IAIN Madura Express

Saputri, Nevi Indah. dkk. (2018). Peningkaan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Layanan Konseling Kelompok (Teknik Modelling). Jurnal Bimbingan dan Konseling. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id.Peningkatan +Motivasi+Belajar+Siswa+Menggunakan+Layanan+Konseling+Kelompok.

Setiawan, Andi. (2018). Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Shaleh, Abdul Rahman. dkk. (2004). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.

Sinthia, Rita, dkk. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Modelling Dalam Membentuk Keterampilan Konseling Kelompok Teknik Modelling Dalam Membentuk Keterampilan Kepimimpinan Siswa. Jurnal Ilmiah BK 1(2). Universitas Bengkulu. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id.Efektivitas+Layanan+Konseling+Kelompok+Teknik+Modelling+Dalam+Membentuk+Keterampilan+Konseling+Kelompok+Teknik+Modelling+Dalam +Membentuk+Ketermpilan+Kepimimpinan+Siswa.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarwani, Wiratna dan Poly Endrayanto. (2012). Statistika Untuk Penelitian/V. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Titik Lestari, Endang. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Winata, I Komang. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan 5(1). Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id.Konsentrasi+dan+Motivasi+Belajar+Siswa+Terhadap+Pembelajaran+Online+Selama+Masa+Pandemi+Covid-19

Downloads

Published

2023-09-21