Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kesadaran Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ishlakhatus Sa'idah IAIN Madura
  • Leni Yuliandri IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v3i1.323

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Media Audio Visual, Kesadaran Moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan kelompok melalui media audio visual untuk meningkatkan kesadaran moral pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekan kuantitatif dengan rancangan One Grup Pretes dan Posttest, sampel penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas VIII SMP Al-Islamiyah dan sampel diambil melaui purposive sampling. Hasil penelitian uji paired sampel t test berdasarkan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05, yang dapat dinyatakan bahwa Ha (hipotesis alternatif) diterima. Selain itu, terdapat perbedaan dari hasil nilai rata-rata pre-test (116,75) dan rata-rata post-test (129,25) yang mengalami peningkatan dengan rata-rata skor 12,5. Yang artinya bimbingan kelomok berbasis media audio visual di SMP Al-Islamiyah efektif meningkatkan kesadaran moral siswa.

References

Abidin, A. M. Pendidikan Moral dan Relevansi Dengan Pendidikan Islam. Jurnal paris Langkis, 2 no. 1, Agustus 2021

Agustriyana, N. A., & Suwanto, I. Fully Human Being Pada Remaja Sebagai Pencapaian Perkembangan Identitas. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2 no.1 Maret, 2017.

Ahmad ,A., & Nurhidaya. Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8 no. 2 Desember, 2020.

Al-Qur’an, Surat An-Nahl (16): 90.

Andrianie, S. Pengembangan Media Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Landasan Hidup Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 33 no. 1, 2017.

Annajih, MZH., Lorantina, K., Ilmiyana, H. Konseling Multibudaya dalam Penanggulangan Radikalisme. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. 280-291. 2017.

Astuti, A.D. Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menguatkan Nilai-nilai Moral Remaja yang Berkarakter. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Vol.2, 2017.

Azzet, M. A. Bimbingan Konseling Di Sekolah Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA. 2011.

Bakhtiar, M. I., Zahra, A. B, & Yusuf, A. Model Konseling Islam Berbasis Nilai Profetik Terhadap Moral Awareness Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 3 no. 1, 2021.

Bustari, M. Pendidikan Moral di Perguruan Tinggi Melalui Implementasi Kontrak Belajar di Dalam Perkuliahan (Suatu Alternatif). Jurnal Manajemen Pendidikan. No. 2 Oktober, 2008.

Dewi, N. W. P. , & Ramantha, I.W. Profesionalisme Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kemampuan Investigatif Pada Pembuktian Kecurangan Oleh Auditor. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 15 no. 2, 2016.

Diananda, A. Psikologi Remaja dan Permasalahanya. Jurnal Istighna, 1 no. 1, 2019.

Ernanida, E., & Al Yusra, R. Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI. Murabby :Jurnal Pendidikan Islam, 2 no. 1 April, 2019.

Fatimah, D.N. (2017): Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14 no. 1 Juni, 2017.

Firmansyah, F. Bimbingan dan Konseling. Pamekasan: Stain Pamekasan Press. 2009.

Hartinah, S. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama. 2017.

Hasanah, I., Sa'idah, I., Fakhriyani, D. V., & Aisa, A. Bimbingan Kelompok: Teori dan Praktik. Pamekasan: Duta Media Publishing. 2022

Hasanah, S.U. Pembinaan Kesadaran Moral Oleh Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di SMA Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, 4 no. 1 Juni, 2020.

Iskarim, M. Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). Edukasia Islamika 1 no.1, Desember, 2016.

Jannah, M. Remaja dan Tugas-tugas Perkembangannya Dalam Islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1 no.1 April, 2017.

Karmila, I. Peran Guru PPKN dalam Membina Kesadaran Moral Siswa SMK Negeri 3 Palu. Skripsi, Universitas Tadulako, Palu. 2021.

Nisa, Afiatin. Analisis Kenakalan Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal Edukasi Bimbingan Koseling, 4 no. 2 Juli, 2018.

Octavianita, A. Penerapan teknik klarifikasi nilai sebagai upaya meningkatkan kesadaran dalam ujian siswa SMA. Skripsi, Malang, Universitas Negeri Malang. 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 1 tahun 2021 Tentang penerimaan peserta didik baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan, (2021). Jakarta.

Prasetya, H., & Alhadi, S. Pemanfaatan Media Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammaddiyah Se-Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3 no. 2, 2018.

Raharjo, S. SPSS Indonesia Olah Data Statistik dengan SPSS. http://www.spssindonesia.com/2016/08/cara-uji-paired-sample-t-test-dan.html?m=1.

Rahman, A.A. Regulasi Perilaku Islami, Kesadaran Moral, dan Kemunafikan. jurnal Psikologi, 13 no. 1 Juni, 2017.

Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2009.

Sa’idah, I. Teori dan Teknik Konseling. Pamekasan: IAIN Madura Press. 2019.

Sa'idah, I. Kreativitas Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa. DA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 2022.

Sa'idah, I., & Annajih, M. Z. H. Personal counselor quality improvement based on An-Nahdliyah moderation value. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 2020.

Sahli, M. Pengaruh bimbingan kelompok dengan media audio visual terhadap peningkatan pemahaman karir bagi siswa yang memiliki pemahaman karir rendah. skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, Magelang. 2020.

Setianingsih, E.S, Sutoyo, A., & Purwanto, E. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3 no. 2 November, 2014.

Setiyawan, H. Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3 no. 2 Desember, 2020.

Sidiq, U., dan Choiri, M. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya. 2019.

Sinulingga, S.P. Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak di Indonesia. Jurnal Demo, 26 no. 2 Agustus, 2016.

Siregar, D. Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Hamzanwadi Pancor (Studi Persepsi Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Hamzanwadi Pancor). Educatio, 10 no. 1 Juni, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2018.

Sunyoto, Danang. Praktik SPSS Untuk Kasus. Yogyakarta: Nuha Medika. 2011.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: 2003.

Wahyuningrum, S. R., & Muhlis, A. Statistika Pendidikan (dengan statistika Al-Qur’an) Edisi Kedua. Surabaya: Jakad Media Publishing. 2020.

Wazira, S. H., & Sa'idah, I. Pengaruh Teknik Analisis Transaksional untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 2022.

Downloads

Published

2023-09-21