Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Belajar Siswa di SMPN 4 Pamekasan

Authors

  • Sri Rizqi Wahyuningrum IAIN Madura
  • Fitriyah IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v2i2.217

Keywords:

Penggunaan Gadget, Pola Belajar , Regresi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh penggunaan gadget sangatlah berdampak buruk bagi anak usia sekolah, terutama pada pola belajarnya. Dengan adanya gadget terutama seorang pelajar pola belajarnya menjadi menurun, yang awalnya fokus pada belajar malah dihabiskan waktunya untuk bermain gadget. Ada tidaknya pengaruh penggunan gadget terhadap pola belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan dan seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap pola belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan menjadi poin penting untuk dibahas. Pertimbangan-pertimbangan dalam pola belajar yaitu: Tujuan pengajaran, karakteristik bahan yang akan diajarkan, alokasi waktu yang tersedia, karakteristik siswa, dan kemampuan guru itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu 102 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel proposional. Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan statistik deskriptif dengan analisis data menggunakan uji korelasi product moment, uji-t dan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget (X) berpengaruh secara signifkan terhadap pola belajar siswa (Y). Hal ini terlihat dari nilai  4,121 lebih besar dari   2,024, dengan nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,005. Dan besar pengaruh penggunaan gadget terhadap pola belajar siswa berdasarkan korelasi product moment dihasilkan sebesar 0,556 dengan nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05. Dan berdasarkan regresi linier sederhana dihasilkan sebesar 0,511.

References

Aisa, Anna, Iswa Hasanah, Uswatun Hasanah, and Sri Rizqi Wahyuningrum. 2021. “Self-Healing Untuk Mengurangi Stres Akademik Mahasiswa Saat Kuliah Daring.” Pamomong 2 (2): 136–53. https://doi.org/10.18326/pamomong.v2i2.136-153.

Azimah, Subagijo. 2020. Diet & Detoks Gadget. Bandung: PT Mizan Publika.

Chusna, Puji Asmaul. 2017. “PENGARUH MEDIA GADGET PADA PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17 (2): 315–30. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330.

Hasanah, Iswatun, Imaniyatul Fitriyah, Septinda Rima Dewanti, and Sri Rizqi Wahyuningrum. 2021. “Denial Syndrome Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Kabupaten Pamekasan Madura.” Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam 2 (2). https://doi.org/10.19105/ec.v2i2.4962.

Hendri, and Roy Setiawan. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Samudra Bahari Utama.” AGORA 5 (1).

Jamaludin, Jamaludin, A. Nururrochman Hidayatulloh, I. Ketut Sudarsana, Marulam MT Simarmata, Irwan Kurniawan Soetijono, Robert Tua Siregar, Marto Silalahi, et al. 2020. Belajar dari Covid-19: Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakan dan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Putra, Eko. 2014. “Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Citra Swalayan Dengan Variabel Intervening Service Quality.” E-Jurnal Apresiasi Ekonomi 2 (2): 89–94.

Putri, Anggi Pratama, and Sri Rizqi Wahyuningrum. 2021. “EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING.” EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING 2 (1): 36–47.

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sadirman, AM. 1986. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Selan, Des Ozadad. 2019. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Universitas Kristen Satya Wacana.

Sudarni, and Eli. 2016. “Perbedaan Hasil Belajar Menggunkan Metode Tutor Sebaya Dengan Metode Script Pada Siswa SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016.” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajadrafindo Persada.

Syahyudin, Didin. 2019. “Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa.” GUNAHUMAS Jurnal Kehumasan 2 (1): 272–82.

Wahyuningrum, Sri Rizqi. 2020. Statistika Pendidikan (Konsep Data Dan Peluang). Surabaya: Jakad Media Publishing.

Wahyuningrum, Sri Rizqi, and Achmad Muhlis. 2020. Statistika Pendidikan Edisi Kedua (Dengan Statistika Al-Qur’an). Surabaya: Jakad Media Publishing.

Wahyuningrum, Sri Rizqi, Anggi Pratama Putri, and Muhammad Jamaluddin. 2021. “Pre-Experimental Design Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa Di SMK Kesehatan Nusantara.” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam 18 (1): 14–28. https://doi.org/10.19105/nuansa.v18i1.4242.

Wati, Novita Respiana, and Muhammad Ali Sodik. 2012. “Gadget Di Kalangan Remaja Dampak Kecanduan Gadget Di Kalangan Anak Sekolah.” STIKes Surya Mitra Husada.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Sri Rizqi Wahyuningrum, & Fitriyah. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Belajar Siswa di SMPN 4 Pamekasan. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 2(2). https://doi.org/10.36420/dawa.v2i2.217

Issue

Section

Articles