Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMA Ali Maksum Yogyakarta

Authors

  • Afifatuz Zakiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Haryati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v2i2.160

Keywords:

Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Kedisiplinan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X SMA Ali Maksum Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Ali Maksum yang memiliki kedisiplinan belajar yang rendah. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan yaitu siswa kelas X SMA Ali Maksum Yogyakarta yang memiliki kedisiplinan belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data melalui Pre-Test dan Post-Test. Pre-Test dilakukan untuk mengumpulkan data sebelum dilakukan Treatment. Pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan angket kedisiplinan siwa dengan skala Likert. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dari layanan konseling kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas X SMA Ali Maksum.

References

Akmal Syarif, dkk, Peningkatan Kedisiplinan di Sekolah Menggunakan Konseling Kelompok Teknik Percontohan, Januari ,2019.

Choli Astutik, Latifa Normayanti, Efektifitas Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa, Isbn: 978-602-19681-6-1.

DPR RI. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DPR RI, 2003.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.UNP.

Prayitno, Konseling Integritas, Padang: UNP Press, 2013.

Rusdinal dan Elizar. 2005. Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Akademi Manajemen Perusahaan.

Sastrihadiwiryo, Bejo Siswanto, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Tohirin, Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Tri Dewantari &Veni Purnamasari, Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.6 No. 1 Juni 2017

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Zakiyah, A. ., & Haryati. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMA Ali Maksum Yogyakarta. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 2(2). https://doi.org/10.36420/dawa.v2i2.160

Issue

Section

Articles