Strategi Dakwah Analisis Buku “Robohnya Dakwah Di Tangan Dai” Karya Fathi Yakan
DOI:
https://doi.org/10.36420/dawa.v2i1.153Keywords:
Strategi, Dakwah, DaiAbstract
Strategi dakwah adalah metode, siasat, taktik atau manuver yang dipergunakan dalam aktivitas (kegiatan) dakwah.. Strategi pada hakekatnya adalah perencanaan (planning) dan management untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi untuk mencpai tujuan tersebut, strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja, melainkan harus menunjukkan bagaimana tekhnik (cara) operasionalnya. Penelitian dalam skripsi ini mengacu pada strategi dakwah. Adapun tujuan dilakukan nya penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) strategi dakwah dalam buku Robohnya Dakwah ditangan da’i karya fathi yakan. 2) untuk mengetahui faktor penyebab kehancuran dakwah dalam buku Robohnya Dakwah ditangan da’i karya fathi yakan. 3) solusi tegaknya dakwah dalam buku Robohnya Dakwah ditangan da’i karya fathi yakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Adapun analisis dalam penelitian ini menggunakan content Analysis yaitu adalah teknik sistematis untuk menganalisis isi pesan dan pengelolaan pesan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi dakwah dalam buku ini diantaranya politik dan kemiliteran 2) faktor penyebab hancurnya dakwah diantaranta yaitu a) banyaknya aliran dalam islam. b) fanatisme ashabiyah c) fanatisme hizbiyah. 3) solusi tegaknya dakwah diantaranya yaitu a) tegakkan bangunan diatas landasan Taqwa kepada Allah. b) kukuhkan ukhuwah karena Allah c) tegakkan tradisi Syura. d) bangunlah saling wasiat dalam kebenaran. e) menjalin hubungan dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang f) sungguh- sungguh dalam menjaga nilai- nilai syariat dan dakwah.
References
A’yuna, Qurrata. Dkk. Tt. “Fanatisme Dalam Tinjauan Psikologi Agama”.
Ahmad, Nur. 2015. Mewujudkan Dakwah Antar Budaya Dalam Perspektif Islam”, At-Tabsyir, Vol 3, No 10.
Alfandi, M. 2013. “PRASANGKA: Potensi Pemicu Konflik Internal Umat Islam”, Walisongo, Vol 21, No 1.
Aliyudin, 2010. Prinsip Prinsip Metode Dakwah Dalam Al Quran, Jurnal Ilmu Dakwah Vol. 4 No. 15 Januari-Juni 2010, 1009
Bachri Day,Syamsul. 2005. “Hubungan Politik Dan Dakwah”, Mediator, Vol 6, No 1.
Baihaki, Egi Sukma. 2018. “Konflik Internal Umat Islam Antara Warisan Sejarah Dan Harapan Masa Depan”, Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, Vol 6, No 1.
Biografi Fathi Yakan - BIOGRAFI TOKOH DUNIA ISLAM (pena-mylife.blogspot.com) diakses pada tanggal 27 januari 2022
Bukhari. 2014. “Membangun Kompetensi Dan Kredibilitas Da’i”, Al-munir, Vol V, No.10
D, M Adzar. 2015 “Strategi Dakwah Masa Kini (Beberapa Langkah Strategis Pemecahan Problematika Dakwah)”, Lentera, Vol. XVIII, No.1
Farihah, Irzum 2014. Strategi Dakwah Ditengah Konflik Masyarakat, ADDIN, Vol. 8, No. 2
Habibullah, Y., & Rosi, B. (2021). Dakwah Kultural terhadap Komunitas PNS di Desa Dasok Pademawu. DA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 1(1).
Hadi, Sofyan. 2019. “Model Manajemen Strategi Dakwah di Era Kontemporer”, Al-Hikmah, Vol, 17 No. 2
Hibatullah, Farhan. 2021. “Politik Konfesionalisme Lebanon: Sebuah Pilihan atas Keberagaman Agama”, ICMES, Vol 5.
Idris, M. A., Taufik, T., & Rosi, B. (2020). Dakwah Pembebasan” Perspektif KH. MA. Sahal Mahfudh Dalam Buku “Nuansa Fiqih Sosial. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 35-52.
Moloeng, Lexy J. 2011. metodologi penelitian kualitati. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi. 2008. “Strategi Dakwah Studi Pemecehan Masalah”, Komunika, Vol.2 No.2 (Jul-Des 2008),
Nirwana. AN, Andri, 2016 “Akulturasi Politik Dalam Dunia Dakwah”, Substansia, Vol 18, No 2.
Rahmadi, 2020. “Strategi Dakwah Dalam Pembinaan Kehidupan Masyarakat di Desa Mowewe Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara”, ( Skripsi, Universitas Muhammadiyah, Makassar)
Rahmadi. tt. “Strategi Dakwah Dalam Pembinaan Kehidupan Keagamaan Masyarakat di Desa Puuosu, kec. Mowewe, kab. Kolaka timur, prov. Sulawesi tenggara”.
Rahman P, Abd. 2013.“Teknologi Informasi Sebagai Peluang Dan Tantangan Dakwah”, Vol. 6, No. 2.
Rosi, B. (2018). Media Dan Ict Dalam Problematika Dakwah. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman , 4 (1), 89-105.
Rosi, B. (2019). Internalisasi Konsep Ummatan Wasathan Dengan Pendekatan Dakwah Kultural. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman , 5 (1), 93-109.
Ruji, Moh. dan Abdul Hadi Faisol, 2021 “Strategi Dakwah Jamaah Tabligh dalam Tazkiyat Al-Nafs di Masjid PP. Darul Ulum Pakes Desa Panaan Palengaan Pamekasan, Da’wa, Vol. 1, No. 1.
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan, 2016 pedoman penulisan karya ilmiah
Srimita, Ignetia Giti. 2019. “Strategi Dakwah Dalam Peningkatan Nilai Sosiokultural Pada Masyarakat 15 Kauman Metro Pusat”, (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro, Lampung.
Sugiono, 2016. metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&. Bandung, CV Alfabeta.
syukir, Asmuni. 1983. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam, surabaya: Al-Ikhlas.
Yakan, Fathi. 2016. Robohnya Dakwah Di Tangan Da’i. Solo: PT Era Adicitra Intermedia.
Zed, Mestika. 2004. metode penelitian kepustakaan, (jakarta, yayasan obor indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Habiburrohman Mo’ien, Bahrur Rosi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.