Efektivitas Penggunaan Media Power Point Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Peserta Didik Di SMAN 6 Sijunjung

Authors

  • Dela Oktavia Hariani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Mori Dianto Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Wira Solina Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v2i1.144

Keywords:

Power Point Media, Information Services, Understanding Sex Education

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang ada di SMAN 6 Sijunjung yang menunjukkan bahwa pengetahuan peserta didik mengenai pemahaman sex education peserta didik di SMAN 6 Sijunjung didapatkan dari faktor lingkungan yang kurang baik dan cenderung menjerumuskan. Tujuan penelitian ini adalah 1). Pemahaman peserta didik terhadap pendidikan seks sebelum diberikan layanan inromasi. 2). Pemahaman peserta didik terhadap pendidikan seks setelah diberikan layanan informasi. 3). Efektivitas penggunaan media power point dalam layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang sex education. Jenis penelitian iniadalah penelitian eksperimenkuasi. Pendekatan penelitian adalah eksperimen dengan rancangan one grup pre-test and post-test design.Teknik penarikan sampel adalahs imple random sampling. Populasi penelitian peserta didik kelasXI IPS 2 SMAN 6 Sijunjung sebanyak 134 orang. Jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentasedan analisis Uji-t .Hasil penelitian menungkapkan bahwa1). Gambaran pemahaman peserta didik terhadap pendidikan seks sebelum diberikan layanan inromasi berada pada kategori baik. 2). Gambaran pemahaman peserta didik terhadap pendidikan seks setelah diberikan layanan informasi berada pada kategori sangat baik. 3). Adanya perbedaan yang signifikasi dari efektivitas penggunaan media power point dalam layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman sex education peserta didik di SMAN 6 Sijunjung.

References

Adhi, Yoel, Yonathan Winardi, and Tanti Listiani. 2018. Penerapan Model Integrasi Biblika Bryan Smith Tahap 2 Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Wawasan Kristen Alkitabiah (Wak) Siswa Kelas XI IPA-2 Di Suatu SMA Di Toraja. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 2(1): 45–56.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiarto, Eko. 2002. Biostatistika Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta:EGC.

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Bungin, B. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media

Damayanti, Damayantimyra. 2018. Layanan Informasi Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Siswa. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application 7(1): 37–44.

Damayanti, Myra. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Gambar Dalam Layanan Dasar Untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Siswa Kelas Vi Sdn Sadeng 1. : 1–90.

Eriadi. 2020. Efektivitas Layanana Informasi Mengenai Pergaulan Bebas Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Pendidikan Seks Disekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang.

Fajriah, Nurul, and Ayi Teiri Nurtiani. 2015. Penggunaan Poster Part of Body Dalam Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seks Pada Anak Kelompok B-2 Di TK Khairani Gampong Lubok Batee, Aceh Besar. Buah Hati II(2): 44–49.

Kusuma, Karta. 2014. Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol.3. No. 4.(3-4)

Lumban Gaol, Stefanus M. Marbun, and Kalis Stevanus. 2019. Pendidikan Seks Pada Remaja. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2(2): 325–43.

Maknuni, Jauhari. 2020. Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 (The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19). Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL) 02(02): 94–106.

Mariani, Nina Nirmaya, and Dian Fitriani Arsy. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seksual Remaja Di Smp Negeri 15 Kota Cirebon Tahun 2017. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan 5(3): 443.

Manguatmodjo. Soegyano. 2003. Pengantar Statistik. Jakarta : Rineka Cipta.

Meiyasinta, M. 2015. LANDASAN TEORI Layanan Informasi. : 19–66.

Mesiono, and Willi Sahana. 2021. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Cybernetics: Journal Educational Research and sosial Studies 2(April): 1–10.

Mukri, Syarifah Gustiawati. 2018. Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Perspektif Hukum Islam. Mizan: Journal of Islamic Law 3(1): 1–20.

Payadnya, putu ade andre, and gusti agung ngurah trisna jayantika. 2018:35. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan Spss. 1st ed. yogyakarta.

Prayitno. 2004. Layanan L1-L9. Padang: UNP

Rahman, S. Hibana. 2003. Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta. Ucy Press.

Reisya, Antoni Putri. 2018. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Bahaya Seks Bebas. Lampung: Fakultas Tarbiyah Universitas Negri Raden Intan.

Riduwan.2012.Metode&TeknikMenyusunProposalPenelitian.Bandung: Alfabeta

Sari, jelika mutia. 2021. Efektivitas Layanan Informasi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Orientasi Karir VIII SMP AL-WASLIYAH 30 MEDAN Tahun Ajaran 2020/2021.

Salmiah. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Penerapan Konsep Mutu Hasil Pertanian. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 2 (2016:55)

Sebayang, Wellina dkk. 2018. Perilaku Seksual Remaja. Yogyakarta: CV Budi Utama

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surtiretna, Nina. 2006. Remaja Problem Seks: Tinjauan Islam Dan Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali pers

Timbowo, Deify. 2016.Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi). e-journal. Acta Diurna” V(2): 1–13.

Ulfah, Mariah. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja SMP Dan SMA Di Wilayah Eks-Kota Administratip Cilacap. Medisains 16(3): 137.

UU No. 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional,(https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf, diakses pada 29 januari 2020).

Wulandari, Nyana. Slameto. Setyaningtyas, Eunice Widyanti. 2018. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan Vol. V No. 3 Th. 2018 76. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan V(3): 76–81.

Yafie, Evania. 2017. PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK USIA DINI Jurnal CARE ( Children Advisory Research and Education ) Volume 4 Nomor 2 Januari 2017 PENDAHULUAN Seks , Memang Masih Dianggap Tabu Untuk Dibicarakan Oleh Sebagian Masyarakat Kita , Terutama Orang Tua . Mungkin Dalam Ang.4: 18–30.

Yusuf. 2005. Metodologi Penelitian. Padang : UNP Press.

Yusuf, Muri. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Yusuf, Helmi. 2020. Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak. Al-Wardah 13(1): 131.

Yusuf, Yusfita. 2020. Call For Book Tema 3 Media Pembelajaran. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing. (28)

Downloads

Published

2022-09-02