Koloman Khotmil Qur’an dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Desa Blu’uran Karang Penang Sampang

Authors

  • Moh Nawi IAI Miftahul Ulum Pamekasan
  • Abdurrahman Rifki IAI Miftahul Ulum Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v1i1.11

Keywords:

koloman, khotmil qur’an, kenakalan remaja

Abstract

Koloman Khotmil Qur’an memberikan  pengaruh  yang  positif  bagi  pembaca atau orang yang  mendengarkannya, selain  dari pada itu  seseorang  yang  membaca  ayat Al-quran  akan  mendapatkan  pahala yang di lipat gandakan oleh Allah SWT. Peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan koloman khotmil qur’an, bagaimana kenakalan remaja dan  mengetahui bagaimana koloman khotmil Qur’an dalam mengatasi kenakalan remaja di Desa Blu’uran Karang Penang Sampang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini bersumber dari pembina, peserta khotmil Qur’an dan dokumentasi, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan Induktif. Pelaksanaan koloman khotmil Qur’an dilaksanakan satu kali dalam satu pekan dan peserta koloman tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang bisa membaca Al-Qur’an dan kelompok yang tidak bisa membaca Al-Qur’an. Kenakalan peserta Khotmil Qur’an berdasarkan tingkat kenakalan remaja termasuk ke dalam Jenis kenakalan ringan dan sedang. Dalam mengatasi kenakalan remaja di dalam koloman khotmil Qur’an ini setiap pekan terakhir dalam satu bulan setelah pelaksanaan khotmil Qur’an diisi dengan mauidhoh tentang fadhilah-fadhilah, akhlaq, muamalah yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai agama, melatih mental, pengajaran budi pekerti dan etika.

References

Al-Qur’an Tajwid kode, Transliiterasi.

Ani Suasana, 2002. Pengaruh Pengajian Rutin Majlis AL-Munawwar Terhadap Akhlaq Ibu-Ibu RT Muslim Surabaya, Skripsi, Surabaya, perpus IAIN Sunan Ampel.

Avila Debby Herawati. 2017. Perbedaan Religiositas Antara Orang Yang Sering Pergi Ketempat Ibadah Dan Orang Yang Jarang Pergi Ke Tempat Ibadah.Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Dimensi Religiositas dan Pengaruhnya Terhadap Organizational Citizenship Behaviorur. Study pada Universitas Jendral Soedirman Purwokerto.

Elfi Mu’awanah,Bimbingan dan Konseling imlam,(Yogyakarta: 2012),h.90

Jalaluddin, 2004. Psikologi Agama, Jakarta. PT Raja Grafindo persada.

Mansyur, Muhammad, 1987.tanjung karang. buana indah.

Muhyiddin abi zakaria. Al-adzkar . Suabaya: al-Hidayah

Muhyiddin. Riyadussolihin. Suabaya: al-Hidayah.

Qur’an Hadis/Kementrian Agama, 2014 .Jakarta: Kementrian Agama.

Quraish Shihab, 2003. Wawasan Al-Quran.Jln. Yod.kali Bandung.

Tasmuji, 2016. Ilmu Almiyah Dasar Ilmu Sosial Dasar Ilmu Budaya Dasar. UIN Suanan Ampel Press Gedung SAC.Lt.2 UIN Sunan Ampel .Surabaya.

Taufiqul Hakim, 2004. AT-Taufiq Kamus Arab-Indinesia-jawa, Bangsari.

Yanuar Iko Saputra, , 2016. Internalisasi Nilai Religiusitas Pada Masyarakat Melalui Majlis Taklim Di Musholla Al-hidayah .Skripsi,IAIN Purwokerto.

Downloads

Published

2021-09-16