PENERAPAN METODE HIWĀR SEBAGAI PENDEKATAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN MAHᾹRAH KALᾹM PADA SISWA KELAS X-2 DI MAS MUHAMMADIYAH 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v4i01.553Keywords:
Metode, Inovatif, Hiwār, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi belajar pada siswa kelas X-3 Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan, hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran hanya berpusat pada penjelasan guru dan buku ajar walaupun sesekali menggunakan media, tidak adanya eksplorasi pengetahuan siswa membuat mereka cenderung menjadi pasif dan tidak tertarik untuk bertanya, mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan, kurangnya kegiatan diskusi juga berdampak pada partisipasi siswa dalam pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyajikan suatu hal sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan efektif dan efisien sesuai dengan harapan. Untuk hal ini, dalam pembelajaran bahasa Arab dapat menerapkan metode hiwār sebagai pendekatan inovatif untuk mendorong partisipasi siswa dengan mengajukan pertanyaan, pendapat dan menjawab pertanyaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hiwār di kelas X-3 adalah siswa merasa senang dan tidak bosan, mereka aktif berpartisipasi saat ditunjuk untuk mempraktekkan metode hiwār yang membuat suasana kelas menjadi hidup dan pelajaran lebih mudah diterima oleh siswa. Dengan metode hiwār ini siswa akan terbiasa berbicara di depan umum dan meningkatkan kepercayaan diri setiap siswa.
References
Ningke, R. W., & Subiantoro, E. (2022). Implementasi Metode Hiwār pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 103-108.
Rasyid, H. A., & Hasibuan, N. (2024). Analisis Penerapan Metode Hiwār dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Tahfizh Yayasan Wakaf Surro Man Roa. JUDIKIS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Ratnaningtiyas, O. (2024). Pengaruh Metode Hiwār Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 2(1), 1-13.
Ratnaningtyas, O., & Mufidah, N. M. (2023). Pengaruh Metode Hiwār Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab: Indonesia. Arabia: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 1(2), 1-15.
Habibullah, M. H., & Said, N. (2023). Penerapan Metode Hiwār Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Mts Darul Abror Nw Enjer Tahun Ajaran 20222023. ANNABA'| Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, Pembelajaran dan Pengajaran, 2(1), 1-9.
Faizin, M., Aziz, Y., Putri, N. H., & Albab, A. U. (2023). Metode Hiwār Dalam Pendidikan Islam Perspektif Al Ghazali. Ta'limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 52-60.
Annisa, I. T., Rahmadani, H., & Basuki, D. D. (2022). Implementasi Metode Hiwar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Persepsi Guru dan Siswa. Gerimis, 1(01), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azizah Sabrina Gajah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.