Bias Gender Dalam Buku Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Swasta Kelas VIII Karya Hasan Saefulloh: Sebuah Tinjauan Kritis

Authors

  • Sukma Indriati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muti Husnul Khotimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dita Andini Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sahkholid Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v4i01.535

Keywords:

Bahasa, Bias Gender, Buku Ajar Bahasa Arab, Stereotype, Inferioritas, Marginalization, dan Double Burden.

Abstract

Bahasa erat hubungannya dengan bias gender, karena bahasa mencerminkan dan membentuk pola pikir serta budaya masyarakat. Pembahasan bias gender tidak hanya dibahas di dalam kehidupan sosial saja, namun bias gender juga terdapat dalam buku ajar peserta didik. Persoalan utama yang ditelaah dalam penelitian ini adalah mengenai bias gender yang terkandung di dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Swasta Kelas VIII Karya Hasan Saefulloh dengan tujuan mengetahui bias gender yang terkandung dalam buku ajar tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan library research penelitian yang dilakukan berlandaskam karya-karya ilmiah, seperti jurnal, artikel, dan yang lain-lain, dimana sumber-sumber tersebut masih relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bias gender di dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Swasta Kelas VIII karya Hasan Safulloh  dari 7 materi tersebut ditemukan 4 bentuk bias gender, yaitu bias gender pada materi fahmu al-masmu’, fahmu al-maqru, at-ta’bir assyafawiy dan at-ta’bir tahriri.

References

Aldzakhiroh, N., Nopriansyah, B., Nasution, A. H., & Fikri, S. (2024). Bahasa, Bias Gender Dan Identitasnya Pada Buku Al-Arabiyah Lil Induniysiyyin. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 39. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.3044

Amir, S. dan, & Suhartini, E. (2013). Mekanisme Pembagian Kerja Berbasis Gender (The Mechanism of Division Labor Based on Gender). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa, 1–6.

Aprizal, A. P. (2021). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. 2(2), 87–93.

Khusain, M. (2014). Arab Untuk Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Yin Yang, 9.

Khusen, M. (2017). Bias Gender Dalam Buku Pelajaran Bahasa Arab untuk Tingkat Madrasah Tsanawiyah Karya Darsono dan T. Ibrahim. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(2), 115–128. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i2.1023

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Nasution, S. (2016). Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah Berbasis Karakter. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 44(2), 135–148. https://doi.org/10.17977/um015v44i22016p135

Ni’ah, F., & Sahkholid Nasution (Penerjemah). (2011). Kaedah Bahasa Arab Praktis, (Muhammad Yusuf Sinaga dkk (ed.)). Darussalam Publishing.

Nilna Aldzakhiroh, B. N. A. H. N. (2024). BAHASA, BIAS GENDER DAN IDENTITASNYA PADA BUKU AL ’ARABIYAH LI AL INDUNIYSIYYIN. Jurnar Al Mi’yar, 7.

Rijal, M. F. P. E. S. K. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Saefulloh, H. (2017). Ayo memahami bahasa Arab untuk MTs kelas VIII (N. M. Muchlis, Madian dan Sani (ed.)). Erlangga.

Setiyaningsih, S. I. (2017). BIAS GENDER DALAM VERBA: Sebuah Kajian Leksikon dalam Bahasa Inggris. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(1), 25. https://doi.org/10.21580/sa.v11i1.1445

Suratman, M. (2012). Pedoman Praktis dan Sistematis Mengenal Dasar-dasar Ilmu Nahwu Pola 36 Jam. CV. Binawah.

Taufiq, M. A., & Choiroh, M. (2021). Gender Dalam Buku Pendidikan Bahasa Arab Al-`Ashri Kelas X; Studi Analisis Teks Pola Diskriminasi Gender. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 241. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v9i2.6429

Zaitul Ikhlas, R., Muzayanah, T., & Mustofa, S. (2024). Penggunaan Bahasa Arab dalam Perspektif Gender AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies Penggunaan Bahasa Arab dalam Perspektif Gender. 7(3), 679–691. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i3.1067.Use

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Indriati, S., Khotimah, M. H., Harahap, D. A. ., & Nasution, S. . (2024). Bias Gender Dalam Buku Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Swasta Kelas VIII Karya Hasan Saefulloh: Sebuah Tinjauan Kritis. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 4(01), 85–97. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v4i01.535

Issue

Section

Articles