PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM PADA PROGRAM “TAJAWWAL” DI MARKAS BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i02.234Keywords:
Pembelajaran, Maharah Kalam, Program TajawwalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan Pembelajaran Maharah Kalam pada Program “Tajawwal”di Markas Bahasa Arab Kibar Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan. Metode yang digunakan dalam mengungkapkan proses penerapan tersebut menggunakan pendekatan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawnacara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan beberapa tahapan sebagai berikut, yaitu: Reduksi Data, Display Data (Penyajian Data) dan Kesimpulan dan Verifikasi Data. Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwasanya proses penerapan Pembelajaran Maharah Kalam pada Program “Tajawwal”di Markas Bahasa Arab Kibar Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan melalui tiga tahap yaitu tahap awal, tahap inti dan tahap akhir atau penutup. Dari tiga tahap tersebut dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan berbicara (maharah kalam) bahasa arab
References
Aisyatul Jamilah, M Mansyur, Ta’lim Maharah Kalam Bi Istihdam Ta’lim Ta’awuni Jiksow, Tanfidziya:Journal of Arabic EducationVol. 02 No 01 Tahun 2022P-ISSN 2809-0640 E-ISSN 2809 056X,
Arikunto, Suharsimi., 2010, Prosedur Penelitian, Jakarta : PT Renika Cipta.
Hermawan, Acep. 2009, Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: Rosdakarya.
Mulyasa, E.,2004, lmplementasi Kurikulum: Panduan Pembelajaran KBK, Bandung, PT Remaja Rosda Karya.
…………..2003.Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan lmplementasi, Bandung, PT Remaja Rosda Karya.
Mahmud Ilyan, Ahmad Fuad.1992,Al-Maharat al-Lughawiyyah: Mahiyatuha wa Tharaiq Tadrisiha. Riyadh: Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa al-Tauzi.
Mustafid, Fuad,2011, Pengantar Redaksi Dalam Eckehard Schulz, Bahasa Arab Baku Dan Modern, Al Lughah Al ‘Arabiyyah Al Mu’Ashirā, Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Moleong , Lexy J.,2011, Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moedjiyono, Damyati, 2006, Belajar Dan Pembelajaran,akarta : Rineka Cipta.
Rosyidi, Abdul Wahab, 2016, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang press.
Umam,Hotibul.,2000, Aspek-aspek Fundamental Dalam Mempelajari Bahasa Arab, Bandung: AlMaarif Penerbit Percetakan Offset.
Mira Shodiqoh, M Mansyur, Reaktualisasi Project Based Learning Modeldalam Pembelajaran Bahasaarab, Tanfidziya: Journal of Arabic Education p-ISSN 2809-0640 e-ISSN 2809-056XVol 01. No. 03 Juli 2022, 145
Mansyur, M. "Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak: Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak." Tanfidziya: Journal of Arabic Education 1.01 (2021): 34-45.
Hidayat, M. S., & Anam, M. (2022). PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CONNECTED PROJECT MODEL ROBIN FOGARTY. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(03), 167-177.
Sholehah, Imroatus. "Korelasi Antara Kemampuan Membaca Bahasa Arab Dan Ketercapaian Target Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan." Tanfidziya: Journal of Arabic Education 2.01 (2022): 40-50.
Sugiyono,Metode penelitian kuantitatif,(Bandung:Al fabeta,2019),199.
Suderdjat, Hari, 2004, ImplementasiKurikulum Berbasis Kompetensi (KBK): Pembaharuan Pendidikan dalam Undang-undang Sisdiknas 2003, Bandung, CV Cipta Cekas Cahaya.
Sagala, Syaifu. 2010, Konsep Dan Makna Pembelajaran, Bandung:Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Makmun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.