KORELASI ANTARA STRATEGI KOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Authors

  • Nurul Fitria Aprilia Institut Agama Islam Badrus Sholeh Kediri
  • Ach. Muzakki Institut Agama Islam Miftahul ulum Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i02.230

Keywords:

Strategi Komunikasi, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi serta besarannya Antara Strategi Komunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Murid Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tekhnik populasi populasi sebagai objek penelitian yaitu murid kelas X A sebanyak 18 siswa dan guru bahasa arab sebanyak 1 orang. Penelitian ini menunjukan bahwasanya Strategi Komunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Murid Dalam Pembelajaran Bahasa Arab memiliki tingkat korelasi positif dengan nilai 0,99 di atas dikonsultasikan dengan “r” tabel product moment masih lebih tinggi nilai “r” kerja. Atau disimpulkan sebagai 0,623 <0,99> 0,467. Sedangkan besaran korelasi tersebut berada pada kategori interpretasi Tinggi

References

Aisyatul Jamilah, M Mansyur, Ta’lim Maharah Kalam Bi Istihdam Ta’lim Ta’awuni Jiksow, Tanfidziya:Journal of Arabic EducationVol. 02 No 01 Tahun 2022P-ISSN 2809-0640 E-ISSN 2809 056X,

Amna emda, kedudukan motivasi siswa dalam pembelajaran, latanida jurnal, (vol.5 no.2 2017)

Nofrion, “Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori Dan Konsep Komunikasi Dalam Pembelajaran, prenadamedia (Jakarta: premadia group,2018).

Mansyur, M. "Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak: Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak." Tanfidziya: Journal of Arabic Education 1.01 (2021): 34-45.

Sholehah, Imroatus. "Korelasi Antara Kemampuan Membaca Bahasa Arab Dan Ketercapaian Target Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan." Tanfidziya: Journal of Arabic Education 2.01 (2022): 40-50.

Sugiyono,Metode penelitian kuantitatif,(Bandung:Al fabeta,2019),199.

Suharismi akrikunt,prosedur penelitian suatu pendekatan praktik(Jakarta: rineka cipta 2002.),222.

Sardiman,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,(Jakarta: Rajawali Pers,2018),73

Sardiman,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar(Jakarta: Rajawali Pers, 2011),73-74.

Ferny Rohmayanti,Didi Yulistio, dan Padi Utomo,“Pelaksanaan Pembelajaran Kelompok Kecil Dan Perorangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Di Sma Negeri 8 Kota Bengkulu”.Jurnal Ilmiah Korpus,1,vol lII.(April,2017)

Shodiqoh, M., & Mansyur, M. (2022). REAKTUALISASI PROJECT BASED LEARNING MODEL DALAM PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(03), 144-155.

Isnaini, Anisah, and Edy Sulaiman. "Problematika Terjemah Teks Bahasa Arab Di Prodi PBA IAI Miftahul Ulum Pamekasan." Tanfidziya: Journal of Arabic Education 2.01 (2022).

Hidayat, M. S., & Anam, M. (2022). PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CONNECTED PROJECT MODEL ROBIN FOGARTY. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(03), 167-177.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Nurul Fitria Aprilia, & Ach. Muzakki. (2023). KORELASI ANTARA STRATEGI KOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(02), 72–80. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i02.230

Issue

Section

Articles