HAKIKAT DAN PRINSIP ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN

Authors

  • Megawati Fajrin Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Taufikurrahman Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.36420/eft.v3i01.218

Keywords:

Islam, Hakikat dan Prinsip

Abstract

Islam Rahmatan Lil Alamin adalah ajaran Islam bertujuan untuk  mempromosikan maslahat, kebaikan, dan perdamaian global untuk semua makhluk hidup dan juga semua orang. Menemukan hakikat keislaman Rahmatan Lil'amin dan ajaran Islamnya merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kajian literatur dan analisis sumber-sumber ilmiah yang berkaitan dengan Islam digunakan dalam penelitian ini (Ramatan lil Alamin). Temuan menunjukkan bahwa Islam adalah agama kebaikan kosmis. Islam itu unik karena merupakan agama yang memberkati seluruh alam sambil meningkatkan agama lain. Agama-agama telah melalui berbagai fase ujian sepanjang sejarah, dari ujian masa jahiliyah hingga zaman modern. Al-'lamn mengacu pada segala sesuatu di alam, termasuk orang-orang kafir, tumbuhan, hewan, dan jin, sedangkan rahmat adalah nikmat Allah. Kehadiran Nabi Muhammad adalah untuk kebaikan semua orang. Karena dia memperkenalkannya pada cahaya tauhid dan prinsip-prinsip moral dan mengilhami dia untuk tidak pernah berhenti belajar, Nabi Muhammad dipandang sebagai rahmat. Oleh karena itu, Al-Qur'an menyeru umat Islam untuk mengikuti jejak rasulnya dengan menebarkan kebaikan kepada seluruh alam untuk menumbuhkan pemikiran yang baik, tenang, dan ceria. Saya berharap temuan penelitian ini dapat digunakan untuk lebih meningkatkan kesadaran untuk berbaik hati kepada seluruh alam karena dunia semakin mengalami krisis cinta dan penuh dengan individualitas

References

Asmani, J. M. (2017). Rekonstruksi Teologi Radikalisme di Indonesia, Menuju Islam Rahmatan Lil Alamin. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 4(1), 3-18.

Cecep Supriadi. 2015. “Relasi Islam dan Negara: Wacana Keislaman dan Keindonesiaan”. Jurnal KALIMAH, Vol. 13, No. 1.

Gulen, M. F. (2014). ISLAM RAHMATAN LIL’ALAMIN. Republika Penerbit.

Hefni, H. (2017). Makna dan Aktualisasi Dakwah Islam Rahmatan lil ‘Alamin di Indonesia. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 1- 20.

Hefni, H. (2017). Makna dan Aktualisasi Dakwah Islam Rahmatan lil ‘Alamin di Indonesia. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 1- 20.

Ilyas, H. H. (2018). Fikih Akbar: Prinsip-Prinsip Teologis Islam Rahmatan Lil ‘Alamin.

Pustaka Alvabet.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Megawati Fajrin, & Taufikurrahman. (2023). HAKIKAT DAN PRINSIP ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(01), 1–12. https://doi.org/10.36420/eft.v3i01.218

Issue

Section

Articles