PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE (AKTIF BERBAGI PENGETAHUAN) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36420/eduthink.v6i02.644Keywords:
Metode, Active Knowledge, minat, BelajarAbstract
Peneitian ini dilatar belakangi oleh, kurangnya semangat dalam proses pembeajaran materi SKI karna beberapa factor internal diantaranya yaitu rasa ngantuk akibat rasa bosan terhadap metode yang diterapkan leh guru. dalam pembelajaran materi sejarah kebudayaan islam (SKI) terdapat banyak metode namun metode yang diterapkan di SMA Negeri 1 Blitar menggunakan Active Knowledge (Aktif Berbagi Pengetahuan) dengan tujuan agar siswi lebih mudah untuk menyampaikan pendapat sehingga dengan demikian minat mereka terhadap materi SKI meningkat. Penelitian ini menggunakan PTK (penelitian tindakan kelas) dengan penyajian data melalui pra test, observasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode Active Knowledge(Aktif Berbagi Pengetahuan berhasil dibuktikan oleh suasan kelas yang lebih efektif dari pada sebelum adanya penerapan metode Active Knowledge(Aktif Berbagi Pengetahuan)
References
Nurlaila. (2012). Penerapan Metode Active Knowledge Sharing pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadits untuk Meningkatkan Minat dan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VII A MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Saputri, A., & Sukirno. (2016). Penerapan Metode Active Knowledge Sharing Berbantu Media Teka Teki Silang untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 10-24.
JOURNAL.UNY.AC.ID
Ginting, T. I. M., & Jamaluddin, M. F. M. (2022). Penerapan Metode Active Knowledge Sharing pada Pembelajaran Qur’an-Hadits untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Nurul Hadina Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 12(1).
Nurhalizah, T. (2023). Implementasi Metode Active Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI & BP: Penelitian Quasi Eksperimen di SMA Tamansiswa Rancaekek. Tesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Metode Active Knowledge Sharing terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Bandung. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahmawati, F. (2019). Efektivitas Metode Active Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Tesis, Universitas Gadjah Mada.
Putri, A. R. (2020). Implementasi Metode Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Surabaya. Skripsi, Universitas Airlangga.
Hidayat, R. (2021). Penerapan Metode Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Minat dan Partisipasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Malang. Tesis, Universitas Negeri Malang.
Lestari, S. (2022). Pengaruh Metode Active Knowledge Sharing terhadap Minat Belajar dan Prestasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Semarang. Skripsi, Universitas Diponegoro