PERAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISLAM PADA SISWA DI MI ISLAMIYAH KEDUNGMEGARIH

Authors

  • Alfian Fitrianto Universitas Islam Lamongan
  • Muhammad Asrori Universitas Islam Lamongan
  • Muhammad Ahsan Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.36420/eduthink.v6i01.606

Keywords:

Ekstrakurikuler keagamaan, pemahaman Islam, karakter siswa, madrasah.

Abstract

Penelitian ini membahas peran kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam di MI Islamiyah Kedungmegarih. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pemahaman agama sebagai pondasi karakter siswa di tengah tantangan globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti tahlil, sholawat, pidato, dan qiro’ah efektif dalam membentuk pemahaman konseptual dan praktis siswa terhadap nilai-nilai Islam. Selain itu, kegiatan ini mendukung pembentukan karakter seperti disiplin, tanggung jawab, dan kepemimpinan siswa. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang terstruktur dapat menjadi sarana efektif dalam menginternalisasi ajaran Islam serta membangun karakter religius siswa di lingkungan madrasah

References

Aini, N. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam Membina Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i2.584

Akbar, H. (2024). Pengembangan Program Ekstrakurikuler Kreatif dan Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 184–200. https://doi.org/10.70287/epistemic.v3i2.81

Amanulloh, M., Ginanjar, M., & Wahidin, U. (2019). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Wawasan Keislaman dan Sikap Keberagamaan Peserta Didik di SMK Informatika Pesat Kota Bogor Tahun Ajaran 2019-2020. Pengabdian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 65–78. https://doi.org/10.30868/PPAI.V1I2.410

Arifin. (2018). Pengaruh Ekstrakurikuler Keagamaan terhadap Literasi Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 120–134.

Fatimah, S., Yuberti, Y., & Ayu, S. (2021). Evaluation of the Spiritual Extracurricular Program in Madrasa. Journal of Advanced Islamic Educational Management, 1(1), 45–58. https://doi.org/10.24042/JAIEM.V1I1.9210

Fauziah. (2021). Efektivitas Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Pemahaman Keislaman Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 8(2), 33–47.

Febriyani, H., & Hasanah, E. (2023). Pentingnya Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kegiatan Ekstarkurikuler Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), 2031–2038. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5352

Gunawan, R. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMAN 1 Margaasih. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 2(1), 9–21. https://doi.org/10.58355/lectures.v2i1.19

Hidayat, A. (2024). Pentingnya Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan Bagi Siswa. Analysis Journal Of Education, 2(2), 370–376. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/analysis

Hidayati, H. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Alma’arif Singosari Malang).

Ilianti, S. E., & Nawawi, M. L. (2024). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Pendidikan Agama Islam SMP N 1 Padangratu. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 114–127. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.78

Istiqomah, H. (2015). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Karanganyar.

Khanifah, S., & Fatimah, N. (2023). Penguatan Soft Skill Kecerdasan Sosial Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMA IT Bina Amal Semarang. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity

Nahdia Muh. H., Z., & Azmi, M. N. S. (2023). Pembinaan Karakter Siswa melalui Program Ekstrakurikuler Religi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 593–602. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4632

Oktafiani, A. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Penguatan Karakter Religius Siswa di SMP Islamic Centre Kota Tangerang. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 1(2), 115–128. https://doi.org/10.33853/JM2PI.V1I2.115

Rahmawati. (2019). Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan sebagai Sarana Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 15(1), 45–56.

Siregar, S., Mardianto, M., & Ahkas, A. (2020). Extracurricular Implementation of Islamic Education in Character Building Students in MTs EX PGA UNIVA Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 1150–1160. https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.1013

Suryani. (2020). Peran Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Pendidikan Moral, 12(3), 78–89.

Syarifuddin, A., Sutisna, D., Cahyadi, A., Padjrin, P., & Cholidi, C. (2021). Implementasi Hidden Curriculum Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan: Studi Kasus. Intizar, 27(1), 57–65. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8741

Thoifah, I. (2018). Internalization Management of Religion Values through Islamic Extracurricular Activities for the Establishment of Characters of Students of SMAN 1 Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 24–36. https://doi.org/10.18860/JPAI.V5I1.5432

Yulianti, E. (2019). Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Brawijaya Kota Mojokerto. Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 8(1), 141–154. https://doi.org/10.32616/TDB.V8.1.141.1-12

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Fitrianto, A., Asrori, M. ., & Ahsan, M. . (2025). PERAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISLAM PADA SISWA DI MI ISLAMIYAH KEDUNGMEGARIH. Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 6(01), 115–125. https://doi.org/10.36420/eduthink.v6i01.606

Issue

Section

Articles