PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ DARUSSALAM
DOI:
https://doi.org/10.36420/eduthink.v6i01.583Keywords:
Metode An-Nahdliyah, Membaca Al-Qur'an, TPQ DarussalamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Darussalam. Metode ini dipilih karena terkenal dengan pendekatan struktural yang sistematis, sehingga diharapkan dapat mempermudah santri dalam memahami bacaan dan penulisan Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Penerapan Metode An-Nahdliyah dilakukan dalam dua sesi pembelajaran setiap hari, yaitu setelah dhuhur dan setelah ashar, mencakup pengajaran dari jilid 1 hingga 6 serta kelas Al-Qur'an. Proses pembelajaran juga dilengkapi dengan pelajaran tambahan seperti tarikh, fiqih, aqidah akhlak, dan tahfidz Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode An-Nahdliyah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an di kalangan santri. Faktor pendukung keberhasilan metode ini meliputi dukungan keluarga dan motivasi santri, meskipun terdapat kendala seperti perbedaan IQ dan kondisi kesehatan yang memengaruhi kehadiran santri. Pembelajaran dilakukan dalam waktu 90 menit dengan sistem evaluasi teratur, seperti ujian bulanan dan khataman mingguan. Kesimpulannya, penerapan Metode An-Nahdliyah tidak hanya mempermudah proses belajar mengajar tetapi juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak memaksa, sehingga santri dapat belajar secara lebih efektif.
References
Abror, Indal. Metode Pembelajaran Al-Qur’an Kumpulan Metode-Metode Belajar Huruf Al-Qur’an. Yogyakarta: SUKA-Press. 2022
Aristiati, Fatimah. ‘Efektivitas Penerapan Metode An-Nahdliyah Di Tpq Al-Ma’Arif Bhaktinegara’, Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar. 3.2 (2022), pp. 72–89. doi:10.55510/tadzkirah.v3i2.101
Hermansyah, Fendi. Efektivitas Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq) Nurul Iman Braja Luhur Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro. 2018
Imam, Bukhori, Hidayati. ‘Analisis Metode An Nahdhiyah Terhadap Pemahaman Membaca Al Qur`An Di TPQ Baitul Abror’. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 4.3 (2022). pp. 1150–59 <https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf>
Izzatillah, Novandina, Firdausi. ‘Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mts Miftahussalam Kambeng Skripsi’. Kaos GL Dergisi. 8.75 (2020). pp. 147–54 <https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:>
Mahfudz, Masduqi, Muhamad. “Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an di TPQ Al-Ikhlas Kapuran Badegan Ponorogo”. Jurnal Pendidikan Islam. Aktual Vol. 1. 2022
Rohman, Syaifur. Pembelajaran Al-Qur'an Dengan Metode An-Nahdliyah Pada Era Pandemi Covid-19. Journal Of Islamic Education Vol. 2 No. 1 Juni: 2021
Sahal, Ahmad. “Pengajaran Membaca Al-Qur'an: Kajian Metode An Nahdliyah”. Surabaya: Pustaka NU, 2021
Shihab, Quraish, M. “Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat”. Bandung: Mizan, 2008
Syaifullah, Muhammad. Penerapan Metode An-Nahdliyah Dan Metode Iqro’ Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an, vol. 02, 01. Bandung: Jurnal: Kajian Ilmu Pendidikan. 2017
Taufik, Imam. ‘Strategi Pembelajaran Al-Qur’an’, pp. 9–22
Wili, Wati, Norma. Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Pada Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul Hikmah Probolinggo. 2023