PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ DARUSSALAM

Authors

  • Lufiatul Faiqoh Universitas Islam Lamongan
  • Muhammad Asrori Universitas Islam Lamongan
  • Farah Firdausy Misao S Universitas Islam Lamongan
  • Moh. Firman Aziz Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.36420/eduthink.v6i01.583

Keywords:

Metode An-Nahdliyah, Membaca Al-Qur'an, TPQ Darussalam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Darussalam. Metode ini dipilih karena terkenal dengan pendekatan struktural yang sistematis, sehingga diharapkan dapat mempermudah santri dalam memahami bacaan dan penulisan Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Penerapan Metode An-Nahdliyah dilakukan dalam dua sesi pembelajaran setiap hari, yaitu setelah dhuhur dan setelah ashar, mencakup pengajaran dari jilid 1 hingga 6 serta kelas Al-Qur'an. Proses pembelajaran juga dilengkapi dengan pelajaran tambahan seperti tarikh, fiqih, aqidah akhlak, dan tahfidz Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode An-Nahdliyah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an di kalangan santri. Faktor pendukung keberhasilan metode ini meliputi dukungan keluarga dan motivasi santri, meskipun terdapat kendala seperti perbedaan IQ dan kondisi kesehatan yang memengaruhi kehadiran santri. Pembelajaran dilakukan dalam waktu 90 menit dengan sistem evaluasi teratur, seperti ujian bulanan dan khataman mingguan. Kesimpulannya, penerapan Metode An-Nahdliyah tidak hanya mempermudah proses belajar mengajar tetapi juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak memaksa, sehingga santri dapat belajar secara lebih efektif.

References

Abror, Indal. Metode Pembelajaran Al-Qur’an Kumpulan Metode-Metode Belajar Huruf Al-Qur’an. Yogyakarta: SUKA-Press. 2022

Aristiati, Fatimah. ‘Efektivitas Penerapan Metode An-Nahdliyah Di Tpq Al-Ma’Arif Bhaktinegara’, Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar. 3.2 (2022), pp. 72–89. doi:10.55510/tadzkirah.v3i2.101

Hermansyah, Fendi. Efektivitas Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq) Nurul Iman Braja Luhur Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro. 2018

Imam, Bukhori, Hidayati. ‘Analisis Metode An Nahdhiyah Terhadap Pemahaman Membaca Al Qur`An Di TPQ Baitul Abror’. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 4.3 (2022). pp. 1150–59 <https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf>

Izzatillah, Novandina, Firdausi. ‘Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mts Miftahussalam Kambeng Skripsi’. Kaos GL Dergisi. 8.75 (2020). pp. 147–54 <https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:>

Mahfudz, Masduqi, Muhamad. “Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an di TPQ Al-Ikhlas Kapuran Badegan Ponorogo”. Jurnal Pendidikan Islam. Aktual Vol. 1. 2022

Rohman, Syaifur. Pembelajaran Al-Qur'an Dengan Metode An-Nahdliyah Pada Era Pandemi Covid-19. Journal Of Islamic Education Vol. 2 No. 1 Juni: 2021

Sahal, Ahmad. “Pengajaran Membaca Al-Qur'an: Kajian Metode An Nahdliyah”. Surabaya: Pustaka NU, 2021

Shihab, Quraish, M. “Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat”. Bandung: Mizan, 2008

Syaifullah, Muhammad. Penerapan Metode An-Nahdliyah Dan Metode Iqro’ Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an, vol. 02, 01. Bandung: Jurnal: Kajian Ilmu Pendidikan. 2017

Taufik, Imam. ‘Strategi Pembelajaran Al-Qur’an’, pp. 9–22

Wili, Wati, Norma. Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Pada Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul Hikmah Probolinggo. 2023

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Faiqoh, L., Asrori, M., Misao S, F. F. ., & Aziz, M. F. . (2024). PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ DARUSSALAM. Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 6(01), 60–68. https://doi.org/10.36420/eduthink.v6i01.583

Issue

Section

Articles