TINDAK TUTUR LOKUSI DAN ILOKUSI DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VIII-C SMPN 2 PADEMAWU
DOI:
https://doi.org/10.36420/eduthink.v6i01.574Keywords:
Tindak tutur, Lokusi,Abstract
Tindak tutur ( Speech Act ) merupakan unsur pragmatik yang melibatkan pembicara dan pendengar atau penulis dan pembaca serta yang dibicarakan. Dalam penerapannya tindak tutur digunakan oleh beberapa disiplin ilmu. Austin dalam buku yang berjudul How to Do Things with Words tahun 1962, pertama kali mengemukakan istilah tindak tutur ( Speech Act ). Tindak tutur dapat berupa bunyi, kata, frasa, kalimat, atau tuturan yang mempunyai maksud tertentu dan memengaruhi pendengarnya atau mitra tutur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur lokusi terhadap interaksi belajar mengajar untuk mengetahui secara langsung penggunaan tindak tutur lokusi dalam interaksi belajar mengajar bahasa indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengklasifikasikan tindak tutur dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia kelas VIII-B SMPN 2 Pademawu. Terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana jenis tindak tutur di lingkungan kelas pada saat interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia kelas VIII-B SMPN 2 Pademawu. Kedua, bagaimana wujud tindak tutur di lingkungan kelas pada saat interkasi belajar mengajar bahasa Indonesia kelas VIII-B SMPN 2 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui metode simak, dan catat. Informannya adalah guru dan siswa di lingkungan sekolah SMPN 2 Pademawu kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, jenis tindak tutur yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia kelas VIII-B SMPN 2 Pademawu berjenis tindak tutur yang ditemukan meliputi tindak tutur lokusi (dengan sub jenis delaratif, introgatif, dan imperatif), dan ilokusi (dengan sub jenis asertif, komisif dan ekspresif)
References
Apriyanti, L. (2017). Tindak Tutur Asertif Penjual dan Pembeli di Pasar Tempel Rajabasa Bandar Lampung dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
Anggraini, N.(2020). Bentuk Tindak Tutur Lokusi dan Ilokusi Pedagang dan Pembeli di Pasar Sekip Ujung Palembang. 10(1). 73-87.
Rahardi, Kunjana. 2019. Pragmatik: Konteks Intralinguistik dan Konteks Ekstra Linguistik. Yogyakarta: Amara Books.
Oktavianus. 2006. Analisis Wacana Lintas Bahasa. Yogyakarta: Andalas University Press.
Zamzami. 2007. Kajian Sosiopragmatik. Yogyakarta: Cipta Pustaka
Moleong, L. J. (2015). Prosedur Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.