MANAJEMEN GURU MUADALAH DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS BERFIKIR PESERTA DIDIK DI MBI AMANATUL UMMAH PACET-MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.425Keywords:
Manajemen, Guru Muadalah, Kreatifitas Berfikir, Peserta DidikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menggambarkan bentuk manajemen manajemen guru muadalah dalam meningkatkan kreatifitas berfikir peserta didik di MBI Amanatul Ummah Pacet - Mojokkerto. (2) Untuk mengidentifikasi pelaksanaan manajemen guru muadalah dalam meningkatkan kreatifitas berfikir peserta didik di MBI Amanatul Ummah Pacet - Mojokkerto. (3) Untuk menganalisis manajemen manajemen guru muadalah dalam meningkatkan kreatifitas berfikir peserta didik di MBI Amanatul Ummah Pacet - Mojokkerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Wujud data adalah kata-kata, catatan, laporan dan dokumen yang diperoleh dari pengasuh, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan waktu dan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi dan diskusi rekan sejawat, serta menggunakan referensi. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa bentuk manajemen guru muadalah di MBI Amanatul Ummah adalah: manajemen yang ketat dan bertanggung jawab, memprioritaskan usaha pada jangka panjang, menumbuhkan motivasi para pegawai, meningkatkan kemampuan dan kreativitas, dan memberi penghargaan mengevaluasi, perencanaan kembali.Dapat dirumuskan manajemen guru muadalah, dan kreatifitas peserta didik bahwa: manajemen guru muadalah yang baik dapat meningkatkan kreatifitas berfikir peserta didik sehingga berpeluang besar membentuk peserta didik yang mampu berfikir kreatif dengan menumbuhkan ide, menyelesaikan masalah, meriview kembali apa yang disampaikan guru, mencetak calon- calon ulama dimasa yang akan datang dengan unggul utuh dan berakhaqul karimah dan bertanggung jawab sesuai visi- misi lembaga