PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.36420/eduthink.v4i02.374Keywords:
Kompetensi Sosial Guru, Kesulitan BelajarAbstract
Fokus dalam penelitian ini yaitu Bagaimana proses penerapan kompetensi sosial guru dalam mengatasi kesulitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo. Metode penelitian dalam tesis ini adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data dapat menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses penerapan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo berjalan kurang optimal. Ketidakoptimalan itu terjadi karena kurangnya komunikasi antara guru pendidikan agama Islam dengan pihak terkait (sesama teman seprofesi, orang tua, dan masyarakat) dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dan jenis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo ialah lambat belajar dan ketidakmampuan belajar. Kedua jenis kesulitan tersebut berfokus pada materi muatan lokal juz amma