PENGARUH USTADZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TAHFIDZ AL-QURAN

Authors

  • Dewi Masitho INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM
  • Ainur Rofiq INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM

DOI:

https://doi.org/10.36420/eduthink.v4i02.373

Keywords:

Ustadz, Kemampuan Tahfidz, Al-Quran.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ustadz dalam meningkatkan hafalan al-Quran pada para siswa di MTs Bustanul Ulum Sumberkarang Dlanggu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Februari 2022. Pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Survey dengan para responden menggunakan kuesioner sebagai metode pokok. Dilakukan dengan pengisian angket. Instrumen yang digunakan untuk tes yaitu kuesioner yang telah melalui proses uji validitas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII (tujuh) Mts Bustanul Ulum yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada ustadz dalam meningkatkan kemampuan tahfidz siswa di kelas VII. Hasil ini dapat dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 7.785, koefisien regresi (b) sebesar0,627, nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p < 0,05) dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,654 atau 65,4% yang artinya 65,4% kemampuan tahfidz siswa dipengaruhi oleh ustadz, sedangkan sisanya sebesar 34,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan ustadz berpengaruh dalam meningkat kemampuan tahfidz al-Quran pada siswa.

Downloads

Published

2023-10-17

How to Cite

Masitho, D., & Ainur Rofiq. (2023). PENGARUH USTADZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TAHFIDZ AL-QURAN. Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 4(02), 120–133. https://doi.org/10.36420/eduthink.v4i02.373

Issue

Section

Articles