IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB ADĀBUL ĀLIM WA AL-MUTA‘ ALLIM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36420/eduthink.v4i02.368Keywords:
Pembelajaran, Kitab, Adābul Ālim Wa Al-Muta‘ Allim , Karakter SiswaAbstract
Lembaga pendidikan formal kejuruan adalah salah satu lembaga yang diresmikan dalam rangka mempersiakan peserta didik dalam dunia kerja. Hal ini tentu selaras dengan progam pemerintah terkait progam pengurangan angka pengangguran. Pesatnya teknologi yang masuk pada dunia pendidikan membawa dua dampak positif dan negatif. salah satu dampak negatif tersebut adalah perubahan karakter siswa yang kurang baik terhadap guru dan lingkungan mereka belajar seperti kasus yang terjadi di SMK Hasyim Asy‘aridi mana ditemukan siswa yang membentak gurunya. Maka dari itu perlu di adakan pembelajaran tambahan husus dalam bidang karakter yaitu pembelajaran kitab Adābul Ālim wal muta"Ālim. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa langkah – langkah persiapan implementasi pembelajaran kitab Adābul Ālim Wa al-Muta‘allim , menganalisa metode implementasi pembelajaran kitab Adābul Ālim Wa al-Muta‘allim . Menganalisa hasil implementasi pembelajaran kitab Adābul Ālim Wa al-Muta‘allim . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif, pendekatannya dengan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari analisa implementasi pembelajaran kitab Adābul ‘ Ālim wal Muta’ allim yang ditemukan adalah: a) Adanya sikap menghormati siswa kepada seluruh dewan guru, b) Siswa menunduk ketika lewat depan guru, c)Tidak gaduh berteriak – teriak ketika ada dewan guru sedang lewat, d) Kitab dan buku tertata rapi di rak masing – masing, e) Siswa mulai menyadari akan pentingnya berakhlak baik terhadap siapapun.