PENDIDIKAN KARAKTER

Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah atau Madrasah

Authors

  • Aris Imawan STAI al-Fithrah, SUrabaya

Abstract

Proses   pembelajaran   pendidikan   karakter   secara   terpadu   bisa dibenarkan karena sejauh ini muncul keyakinan bahwa anak akan tumbuh dengan baik jika dilibatkan secara alamiah dalam proses belajar. Terdapat enam cirri pendidikan terpadu (1) students centered; (2) inquiry; (3) pemisahan bidang studi tidak begitu jelas; (4) menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu proses pembelajaran; (5) dinamis, dan (6) hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik. Integrasi pembelajaran dapat dilakukan dalam substansi materi, pendekatan,  metode, dan model evaluasi yang dikembangkan. Pada prinsipnya semua mata pelajaran dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan semua karakter peserta didik, namun agar tidak terjadi tumpang-tindih dan terabaikannya salah satu karakter yang akan dikembangkan, perlu dilakukan pemetaan berdasarkan kedekatan materi dengan karakter yang akan dikembangkan.Dari segi pendekatan dan metode meliputi inkulkasi (inculcation), keteladanan (modeling,qudwah), fasilitasi (facilitation), dan pengembangan   keterampilan   (skill   building).   Dalam   pendidikan   karakter, pemodelan atau pemberian teladan merupakan strategi yang biasa digunakan.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Aris Imawan. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah atau Madrasah. Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 2(1), 1–72. Retrieved from http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/35

Issue

Section

Articles