POLA PENDIDIKAN MASA NEONATAL DALAM ISLAM (TELAAH TERHADAP BUKU PEKAN PERTAMA BERSAMA BELAHAN JIWA KARYA SITI UMMU HABIBAH AH)

Authors

  • M Mansyur Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan
  • Siti Rofiqoh Institut Agama Islam Miftahul ulum Pamekasan

Keywords:

Pendidikan, Masa Neonatal, Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripikan pemikiran Ummu Habibah tentang pola pendidikan anak dalam Islam. Untuk memperoleh hasil penelitian penulis menggunakan penelitian kepustakaan (Library research), dengan pendekatan filosofis. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu dengan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dilakukan dengan metode Content Analysis, suatu teknik penelitian untuk membuat inferenisi (simpulan) yang dapat ditiru dan shahih data dengan memperhatikan konteksnya, dan metode hermeneutik yang mentransendensikan bentuk Interpretasi Linguistic, serta Analisis Induktif yang berangkat dari data empirik menuju teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendidikan anak pada masa neonatal menurut Ummu Habibah AH dalam bukuPekan Pertama Bersama Belahan Jiwa mengulas tentang pendidikan religius untuk membentuk anak yang shalih. Dimulai dari dikumandangkan adzan ditelinga bayi saat bayi lahir, mentahnik bayi dengan kurma dan mendoakannya, aqiqah, memberi nama yang baik untuk anak, mensedekahinya dan khitan.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Mansyur, M. ., & Rofiqoh, S. (2023). POLA PENDIDIKAN MASA NEONATAL DALAM ISLAM (TELAAH TERHADAP BUKU PEKAN PERTAMA BERSAMA BELAHAN JIWA KARYA SITI UMMU HABIBAH AH). Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 2(02). Retrieved from http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/346

Issue

Section

Articles