MENSTIMULASI IMAJINASI ANAK (ANALISIS TERHADAP DAMPAK PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DONGENG DI SD AL-QUR’AN UMMUL QURO KABUPATEN PAMEKASAN)
Keywords:
Stimulasi, Imajinasi, Dampak, Pembelajaran DongengAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dampak model pembelajaran dongeng dalam menstimulusi imajinasi anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif. Analisis data melalui pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya model pembelajaran dongeng dalam menstimulus imajinasi anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro Kabupaten Pamekasan adalah mampu mempersiapkan dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran yang efektif dan produktif dengan membangkitkan kecintaan anak terhadap dongeng, meningkatkan pengetahuan ihwal isi dongeng yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, dan dongeng dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak dalam berbagai dimensi perkembangannya. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model pembelajaran dongeng dalam menstimulasi imajinasi anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro Kabupaten Pamekasan adalah tersedianya media pembelajaran yang cukup, meliputi berbagai fasilitas belajar yang menyenangkan seperti sarana dan prasarana seperti telivisi, perpustakaan dan lain sebagainya. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya guru berinovasi perlu dilaksanakan secara terus menerus dan terencana, kurangnya dukungan dan partisipasi dari orang tua dan masyarakat dan kurang menggunakan fasilitas yang ada.