PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM 4 AL-AZHAR KEBUN ANYAR TLAMBAH KARANGPENANG SAMPANG
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM 4 AL-AZHAR KEBUN ANYAR TLAMBAH KARANGPENANG SAMPANG
Keywords:
Kata Kunci: Kepala sekolah, Sarana dan prasarana.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum 4 Al-Azhar Kebun Anyar. Fokus penelitian ini yaitu: 1. Peran kepala sekolah dalam pendidikan, 2. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui sarana dan prasarana. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang di peroleh dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data utama dalam penelitian ini kepala sekolah, guru dan siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis meliputi reduksi data, menyajikan data, display data, menarik kesimpulan dan melaksanakan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum 4 Al-Azhar Kebun Anyar sangat berperan dalam meningkatkan mutu sekolah dengan memenuhi sarana dan prasarana sekolah diantaranya adalah gedung sekolah, ruang kelas, meja, kursi dan papan tulis, perpustakaan, lapangan olah raga, lab komputer, media informasi, absebsi elektronik guru dan siswa, wifi serta CCTV.