MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN

Authors

  • Abd Ghani Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan
  • Fera Rahmawati Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan

Keywords:

Model, Pengembangan, Sistem Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Model pengembangan sistem pendidikan Pesantren, dan (2) Kendala serta solusi model pengembangan sistem pendidikan di Pondok Pesantren. Dari tujuan diatas dapat dijelaskan bahwa model pengembangan pesantren dapat diterapkan dengan baik meliputi beberapa hal, diantaranya ialah dengan menggunakan model pendidikan komprehensif yang menggabungkan sistem pendidikan klasik dengan sistem pendidikan modern. Selain itu, sistem pendidikan yang di kembangkan mulai dari tenaga pendidik, santri, pendidikan rohani, proses pembelajaran, dan sarana prasarana. Adapun kendala yang dihadapi dalam model pengembangan sistem pendidikan pesantren yaitu terletak pada kegiatan santri yang begitu padat, sehingga pengembangannya di lakukan pada kegiatan yang telah ada dan memaksimalkan kegiatan ekstra dalam pengembangan kemampuan santri. Dari sini ada beberapa kekurangan yang dihadapi oleh Pesantren, salah satunya dalam pengembangan bakat santri yang memiliki kemampuan diluar keagamaan. Solusi dari kendala yang dihadapi dalam pengembangan sistem pendidikan pesantren tersebut adalah bagaimana pesantren harus membuat kurikulum yang bisa mewadahi minat dan bakat yang dimiliki oleh masing-masing santri, sehingga banyak Masyarakat yang tertarik memondokkan anaknya ke Pesantren karena model Pendidikan pesantren sudah mampu menjawab keinginan Masyarakat secara luas.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Abd Ghani, & Fera Rahmawati. (2022). MODEL PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN. Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 3(02). Retrieved from http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/233

Issue

Section

Articles