LITERASI NUMERIK DALAM EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Literasi Numerik, Pendidikan IslamAbstract
Pendidikan islam yang esensinya merupakan roh untuk memperdalam pengetahuan keagamaan sudah mulai sedikit dikesampingkan mengingat perubahan yang telah terjadi di tengah masyarakat yaitu lebih condong pada kegiatan yang serba matematis seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Gejala tersebut tentu membutuhkan terobosan-terobosan baru bertujuan untuk mempertahankan dan kembali menguatkan minat masyarakat terhadap pendidikan islam. Salah satunya adalah penambahan atau internalisasi keilmuan baru seperti penguatan literasi nomerik sebagai salah satu kajian dalam pendidikan islam. Peneliti memilih menngunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis studi pustaka sehingga data yang dikumpulkan oleh peneliti berupa data literature sepertu buku, artikel ilmiah dan seterusnya yang serupa. Penelitian ini menunjukan bahwasanya literasi numeric dalam kajian pendidikan islam sangat urgen dan dibutuhkan. Terlebih beberbagai persoalan yang muncul dan menjadi penghambat bagi eksistensi pendidikan islam pada era perubahan yang sangat cepat ini. Ditambah lagi perubahan pradigma masyarakat yang lebih mengutamakan sesuatu yang bersifat matematis tidak lagi abstrak seperti yang di tawarkan oleh produk pendidikan islam sampai saat ini. Melaui Keterampilan Literasi Numerik dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan pendidikan khususnya pendidikan islam melalui konsep dasar matematika yang tahapannya melalui analisis informasi yang diperoleh dari berbagai persoalan pendidikan, kemudian menggunakan interpretasi analisis untuk memprediksi dan mengambil kesimpulan