Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI UPTD SDN Tlambah 1 Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Hasyirullah SDN Tlambah I

Keywords:

Problem Based Learning dan Hasil Belajar,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI UPTD SDN Tlambah 1 Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang pada Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) Subtema 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) materi Teks Eksplanasi, Rangkaian Listrik Sederhana dan dampak modernisasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada materi Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) Subtema 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI UPTD SDN Tlambah 1 dengan jumlah siswa sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentas serta dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisi data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa, maka ditetapkan kriteria pencapaian sebesar 70 untu skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) Subtema 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) materi Teks Eksplanasi, Rangkaian Listrik Sederhana dan dampak modernisasi. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 68,93. Setelah pelaksanaan model PBL pada siklus 1 rata-rata nilai meningkat menjadi 77,70. Dan pada siklus ke II meningkat lagi rata-ratanya menjadi 85,36. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar Tema 3 Subtema 1pada siswa kelas VI UPTD SDN Tlambah 1.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Hasyirullah. (2022). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI UPTD SDN Tlambah 1 Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2020/2021. Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 3(02). Retrieved from http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/190

Issue

Section

Articles