PERAN DAN FUNGSI YAYASAN DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUN NAJAH TUBAN

Authors

  • M. Fauzi IAINU TUBAN

Keywords:

Peran dan Fungsi Yayasan,Pendidikan Madrasah

Abstract

Keberadaan Yayasan sebagai mitra pemerintah dalam mengembangkan berbagai bidang sangatlah urgent dan perannya signifikan, termasuk bidang pendidikan, sebagaimana kita maklum tidak sedikit lembaga pendidikan yang di kelola oleh yayasan (swasta) memiliki kualitas yang tidak kalah dengan lembaga yang dikelola oleh pemerintah (Negeri), di berbagai kota kita kenal lembaga-lembaga swasta yang mendapat kepercayaan cukup tinggi dari masyarakat termasuk di kota Tuban terdapat Madrasah Ibtidaiyah Hidayatun Najah yang tercatat sebagai Madrasah dengan jumlah peserta didik terbesar di kabupaten Tuban, pada tahun pelajaran 2022/2023 tercatat peserta didiknya jumlahnya mencapai  940 siswa.

Berangakat dari hal tersebut diatas maka perlu di kaji sejauh mana peran dan fungsi Yayasan dalam mengelola lembaga pendidikan pada lembaga Pendidikan yang cukup berhasil dan mendapat kepercayaan dari Masyarakat, apakah Yayasan Hidayatun Najah Tuban sebagai Lembaga yang menaungi MI Hidayatun Najah memiliki peran dan fungsi yang cukup ataukah hanya sekedar menjadi penaung secara administrasi saja?. Dari hasil penelitian dan pengamatan disimpulkan bahwa peran Yayasan Hidayatun Najah Tuban dalam pengelolaan Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Hidayatun Najah sangat berperan dan signifikan terbukti dari manajemen kelembagaan yang mana Yayasan aktif menyiapkan Sarana Prasarana, menyiapkan SDM, mengawal sistema manajemen lembaga dengan menunjuk seorang Direktur lembaga pendidikan juga adanya lembaga-lembaga pendukung seperti Unit Usaha, BMT serta  Koperasi Siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Yayasan Hidayatun najah Tuban dalam mengelola madrasah khususnya dalam mencapai  Standar  Nasional  Pendidikan  (SNP). Selain  itu  penelitian  ini  juga  ingin  mengetahui  bagaimana fungsi yayasan khususnya dalam pembinaan di madrasah yang dikelola oleh yayasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah pembina dan pengawas yayasan,  pengurus  yayasan,  kepala,  wakil,  guru,  dan  Kepala  Tata  Usaha  Madrasah  Ibtidaiyah Hidayatun Najah.  Analisis  data menggunakan  teknik  deskriptif  kualitatif. 

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa peran yayasan Hidayatun Najah dalam penyelenggaraan pendidikan di MI Hidayatun Najah  cukup baik walaupun belum  maksimal.  Dalam  penyelenggaraan pendidikan  MI Hidayatun Najah sesuai dengan 8 Standar  Nasional  Pendidikan,  Yayasan  lebih  banyak  berperan  dalam  pengelolaan  keuangan, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sarana prasarana. Fungsi pembinaan yayasan sudah dilakukan, terutama dalam pembinaan sumber daya manusia (SDM), pembinaan managerial kepada kepala  dan  juga pengelolaan  keuangan.  Selain  pembinaan,  yayasan  juga  membantu  dalam pengembangan kelembagaan seperti dalam penerimaan peserta didik baru, penguatan muatan kurikulum dan juga dalam hal marketing atau pemasaran lembaga.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

M. Fauzi. (2022). PERAN DAN FUNGSI YAYASAN DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUN NAJAH TUBAN. Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 3(02). Retrieved from http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/189

Issue

Section

Articles