NILAI ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN

Authors

  • Taufikurrahman Yaafi Rozaan Prasojo Muhammad Rossy Dukhan Muhith Megawati Fajrin UPN VETERAN JATIM

Abstract

Ajaran Islam salah satunya bertujuan membebaskan manusia dari bentuk pemberontakan dan ketidaksetaraan karena Allah “Al-Adl” maka mustahil dalam kitab suci umat Islam mengandung pemahaman yang tidak mencontoh sikap keadilan. Jika ada hasil yang tidak searah dengan prinsip keadilan serta HAM secara menyeluruh, maka hasil tersebut perlu dikaji ulang dalam tafsirannya. Menurut pandangan Islam, true humanity merupakan sifat yang timbal-balik kepada hati manusia itu sendiri; sebagai manusia untuk cenderung standar keagamaan yang sesungguhnya, serta standar akhlak-kebatinan yang bersifat kekal. Manusia sebagai makhluk yang memahami tentang Tuhan untuk bertugas sebagai pemimpin di muka bumi. Maka dari itu, umat manusia disyaratkan untuk mencerminkan sifat-sifat Allah Yang Maha Adil, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang sebagai konkretisasi dalam keabsahan kehidupan yang terjadi, sehingga negeri fana’ ini menjadi negeri yang penuha feksi, sistematis, seimbang, damai dan makmur. Kitab suci Al-Quran menunjukkan bahwa kedatangan nabi Muhammad dengan misi catatan Islam sebagai berkat bagi jagat raya. Rahmat berarti pelepasan homini ddari segala macam yang tidak tepat dengan watak dan budi pekerti manusia serta alam tersebut. Pada ukuran hisab, agama Islam sejak awal membimbing kebajikan dan etika luhur, lalu pada waktu yang samapula mencegahsegalaperbuatankeji. Dalam Islam ditafsirkan, bahwa kehadiran agama ini merupakan berkah bagi jagat raya. Tekad akhlak visioner Islam yakni membangun negeri fanaini dimana umat Islam maupun non-Islam hidup bersama menikmati kesetaraan, kesunyian, afeksi serta kelengangan.

Downloads

Published

2022-11-29

How to Cite

Yaafi Rozaan Prasojo Muhammad Rossy Dukhan Muhith Megawati Fajrin, T. (2022). NILAI ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN. Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 3(02), 106–117. Retrieved from http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/171

Issue

Section

Articles