STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI SD ISLAMIC CENTER SAMARINDA
Keywords:
Strategi Kepala Sekolah, Citra LembagaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor citra lembaga yang memerlukan perhatian dan ini bukanlah hal yang dapat diabaikan. Pentingnya menjaga citra sekolah ialah agar sekolah mampu mempertahankan eksistensinya sehingga sekolah dapat terus menjalankan program pendidikan sesuai sistem pendidikan nasional yang berlaku. Sekolah yang mampu menjalankan sistem pendidikan nasional sebagaimana yang telah ditetapkan maka akan mampu membangun citra positif pada masyarakat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan citra lembaga di SD Islamic Center Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan model interaktif Miles dan Hubberman yakni kondensasi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan citra lembaga ialah dengan cara 1) mengimplementasi program-program pendidikan yang telah dibuat (Pembinaan sholat, Pembinaan karakter, Ayo membaca, Aktivitasku, Kunjungan edukatif, Qoilullah (tidur siang), Mabit (malam bina taqwa), Tahfidz, Qiro’ati, Outbound, Parenting, Pengajian, dan Tarhib Ramadhan). 2) Inovasi pendidikan (perubahan pada nama program-program yang awalnya “home reading” diubah menjadi “ayo membaca”, program “daily activity” diubah menjadi “aktivitasku”, dan juga membuat kurikulum khas SD Islamic Center yaitu kurikulum Asmaul Husna). 3) Menyediakan buku-buku yang menarik (buku yang dikemas dalam bentuk komik seperti kisah Muhammad Al-Fatih dalam menaklukan Konstantinopel dan kisah Salahuddin Al-Ayyubi. 4) Mempublikasi setiap agenda dan prestasi yang dihasilkan oleh SD Islamic Center Samarinda.