PENERAPAN TEKNIK THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMPN 7 PAMEKASAN

Authors

  • novita fitri amin IAI Miftahul ULUM

Keywords:

Teknik Think Talk Write, Keterampilan menulis karangan narasi.

Abstract

Keterampilan menulis merupakan urutan terakhir dari peguasaan fungsi bahasa yaitu, urutan sesudah mendengarkan, berbicara, dan membaca. Menulis merupakan proses keterampilan yang diperoleh secara bertahap. Artinya harus melalui praktik yang banyak dan teratur, begitu juga dengan menulis narasi. Berdasarkan kenyataan dilapangan mengenai rendahnya keterampilan menulis siswa, maka peneliti menentukan penelitian ini dengan judul peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan teknik Think Talk Write pada siswa kelas VII SMPN 7 Pamekasan

 Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas, respon    dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi siswa melalui model pembelajaran TTW.

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data kelas VII-D yang berjumlah 21 orang siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, dan tes. analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode diskusi. 146 Respon siswa setelah mengikuti pelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan TTW adalah positif dan dapat memotifasi sehingga efektif untuk digunakan. Hal ini dilihat dari prsentase siklus I setuju sebanyak 45,15%, Pada siklus II 85,71%. Hasil meningkat dilihat dari rata-rata siswa menulis karangan narasi pada siklus I adalah 70,23, siklus II meningkat menjadi 84,6.

Downloads

Published

2021-10-16

How to Cite

novita fitri amin. (2021). PENERAPAN TEKNIK THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMPN 7 PAMEKASAN. Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 2(1), 83–114. Retrieved from http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/100

Issue

Section

ARTICLES